FB Twitter Hati Hati belanja Online

Hati Hati belanja Online


Biasanya klo Akhir tahun gini banyak sekali diskon akhir taun ya. apalagi bagi para online shop akan membuat program diskon akhir tahun.

bagi buibuuuu hati hati ya, jangan terlalu tergoda dengan diskonan yang sangat menggoda. banyak sekali trik yang digunakan oleh pedagang online untuk menipu para korbannnya.

nah kita akan coba share ciri2 klo online shop tersebut diindikasi adalah penipuan.


Ciri-ciri Online shop yang diragukan

  1. Hanya Berjualan di Media Social saja

Bagi Para Online shop yg hanya menerima transaksi langsung dan ga punya dagangannnya di Tokopedia, shopee ataupun di marketplace lainnnya biasanya mereka di indikasi penipuan dikarenakan mereka tidak berani memajangkan dagangannnya di marketplace karena dana mereka tidak akan cair ketika mereka mengirimkan resi kepada customer.

So... "coba tanyakan kepada mereka bisa transaksi di marketplace ga?" nah dari situ akan terlihat bahwa mereka bener2 mau jualan atau tidak.

  1. Memberikan Diskon yang tidak masuk akal

Kadang banyak jg pedagang online yang memberikan Diskon yang fantastis seperti Diskon 50% dan jg free gift dan lain lain. klo dilihat dari kasat mata pasti sangat menggiurkan. nah hati2 juga dengan Diskon yang tidak masuk akal ya.

  1. Rekening Bank Hanya menggunakan Bank Tertentu saja

Untuk sekarang ini BCA telah menggunakan sistem manual yg lebih ketat dalam pembukaan rekening, salah satunya adalah setiap orang yang ingin membuka rekening di Bank BCA akan di foto langsung dihadapan customer servicenya. sehingga para penipu enggan membuka rekening di Bank BCA. sehingga mereka lebih banyak menggunakan Bank lainnnya selain BCA untuk melakukan transaksinya.

  1. Akun Media Social dibatasi

Ketika melihat akun instagram dan setiap postingnya tidak dapat di komentari, di indikasi ini adalah penipuan dikarenakan mereka tidak ingin ada yang komentar aneh2 di foto pajangan productnya

  1. Jangan Mudah Percaya dengan Screenshot Testimoni WA dll

Banyak sekali pedagang online yang nge Screenshot Testimoni dengan screenshot WA, line dll. jangan mudah percaya klo testimoni tersebut adalah asli. karena skg banyak sekali aplikasi fake chat, yang dapat membuat percakapan palsu.

  1. Situs Website

Terkadang penjual online mempunyai website, tetapi hati2 dengan websitenya juga. apakah terlihat meyakinkan. sebenernya untuk melihat apakah ini website yang benar2 asli atau tidak, cukup sulit dan membutuhkan keahlian khusus. tetapi apabila dilihat dari kasat mata website yang di indikasi penipuan adalah website yang tidak dikelola secara profesional dan tidak memberikan keterangan yang meyakinkan sampai dengan menggunakan website gratisan

Cara Mengatasi agar tidak Tertipu

  1. cobalah berpura pura untuk ingin bertransaksi dan meminta no rekeningnya. dan ketika pedagang sudah memberikan rekeningnya, cobalah google no rek tersebut dan juga bisa di cek di kredible.co.id ketika ada yang tidak beres dengan berita rekening tersebut harap hati hati.

  2. Cobalah Googling dengan kata kunci nama online shopnya dan juga diakhiri dengan kata penipu, nanti akan terlihat beberapa posting keluhan dari beberapa korban. Apabila tidak ada berarti online shop tersebut aman.

  3. Sebelum melakukan transaksi cobalah untuk melakukan cross check di beberapa website dibawah ini

  4. www.kredible.co.id

  5. www.cekrekening.id

  6. instagram @indonesiablacklist

Nah mudah2an dengan adanya artikel ini membantu buibuuu agar terjauhkan dari penipuan ya. dan tetap berbelanja online sesuai dengan kebutuhan. Happy Shopping

Thanks

Admin Leatique


0 tampilan

@2020 Web Design

By Digital Indonesia

whatsapp pink.png