top of page

5 Tips Memilih Wastafel Cuci Piring

Diperbarui: 2 Agu



1. Menentukan Material dari Wastafel

Terdapat banyak jenis wastafel dengan berbagai macam material yang dijual di pasaran, seperti batu alam, keramik, kaca, dan stainless steel. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan preferensi pribadi. Selain itu, tampilan dapur juga menjadi sebuah pertimbangan penting agar tercipta kesan ruangan yang lebih eye catching. Batu alam bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang menginginkan kesan natural. Namun, jika kamu menginginkan wastafel yang mudah dipadu padankan dengan warna dinding dan ruangan, keramik adalah pilihan yang tepat. Selain memiliki banyak pilihan warna, material keramik relatif lebih mudah dibersihkan tanpa harus menggunakan produk khusus. Material kaca cocok digunakan untuk menciptakan kesan bersih dan modern. Dan jika kamu lebih menyukai hal yang sederhana, material stainless steel adalah jawabannya.

Material ini paling umum digunakan di pasaran karena relatif mudah dibersihkan dan tahan lama. Selain itu juga karena bersifat anti karat dan tahan terhadap suhu panas.


2. Ukuran Bak yang Sesuai

Pemilihan ukuran wastafel cuci piring harus disesuaikan dengan fungsinya. Kamu mungkin hanya membutuhkan ukuran standar jika memiliki keluarga kecil. Sebaliknya, kamu akan membutuhkan ukuran wastafel yang lebih besar untuk bisa memfasilitasi anggota keluarga dengan jumlah yang lebih banyak. Selain itu, perhatikan juga skala desainnya. Jika kamu memiliki ruangan dapur yang minimalis, jangan memilih perabot berukuran jumbo, sebab akan memenuhi ruangan dan memperburuk tampilan ruangan dapur secara keseluruhan.

Ukuran lebar bak cuci piring yang standar adalah sekira 60 cm sampai 65 cm. Perbedaan dari setiap wastafel mencuci piring adalah panjangnya. Biasanya, wastafel tunggal yang terdiri dari satu bak hanya berukuran panjang 80 cm. Sementara, jika terdapat dua bak, ukurannya menjadi 120 cm. Dan, untuk wastafel dengan tiga bak, ukurannya 150 cm.

Jika saat ini kamu tinggal sendirian dan tidak sering memasak untuk banyak orang, wastafel dengan kedalaman 20 cm sudah cukup. Namun, jika sudah berkeluarga, sebaiknya kamu memilih wastafel yang kedalamannya lebih dari 25 cm. Selain memudahkan kamu saat merendam wajan atau panci, wastafel yang berukuran lebih dalam akan memudahkan kamu dalam menyiapkan bahan makanan yang akan dimasak.



3. Cara Pemasangan Wastafel

Terdapat tiga tipe instalasi wastafel cuci piring yang bisa dijadikan pilihan, yaitu tipe drop in, undermount, dan tipe instalasi farmhouse. Jangan lupa, gunakan juga rak piring yang sesuai.

Tipe drop in adalah teknik pemasangan dengan bagian tepi yang terpasang di atas countertop. Ini adalah tipe yang paling umum digunakan. Drop in ini memungkinkan bongkar pasang tanpa perlu merusak material yang terdapat di bawahnya.


Tipe undermount adalah teknik pemasangan dengan diletakkan di bawah meja kitchen set untuk menciptakan tampilan yang rata. Kamu dapat menunjukkan bagian tepinya, atau tidak menunjukkan bagian tepinya sama sekali.

Sedangkan tipe farmhouse adalah teknik pemasangan di bawah meja dan memiliki bagian yang terbuka di bagian depannya. Jika kamu tidak menyukai sesuatu yang mainstream, tipe farmhouse adalah sebuah ide yang bagus. Pasalnya, tipe ini memiliki tampilan yang unik dengan lebih menonjolkan desain. Namun, kamu tetap harus meminta bantuan jasa profesional untuk memasangnya.


4. Pemilihan Jenis Wastafel Berdasarkan Jumlah Bak

Jika kamu memiliki dapur dengan ukuran minimalis, sebaiknya pilih jenis wastafel yang memiliki satu bak. Selain menghemat tempat, tampilan interior juga akan terlihat lebih proporsional. Namun, kamu boleh memilih wastafel cuci piring dengan dua bak untuk ukuran dapur yang lebih luas. Atau memilih wastafel dengan tambahan drain board yang dapat dipakai untuk mengeringkan cucian piring.



5. Sesuaikan dengan Kabinet Dapur yang Dimiliki

Kabinet dapur adalah fondasi dasar untuk apa pun yang akan dipasang di atasnya. Oleh sebab itu, pemilihan wastafel cuci piring harus dilakukan dengan hati-hati. Pastikan kabinet mampu menahan beban yang terpasang di atasnya. Hal ini demi menghindarkan kamu dari pengeluaran tak terduga untuk merenovasi perkakas dapur di kemudian hari. Disarankan untuk memilih kabinet yang kuat dan tahan lama sebelum memasang apa pun di atasnya. Kualitas dari material yang digunakan menjadi faktor utama yang harus diperhatikan. Selain itu, agar kabinet benar-benar awet, kamu juga harus memperhatikan perawatannya.

Demikian adalah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan saat memilih wastafel cuci piring. Tujuannya adalah untuk menciptakan perasaan nyaman saat memasuki area dapur dan melakukan berbagai macam aktivitas di dalamnya. Untuk mengetahui jenis" Wastafel dan berbagai macam dekorasi rumah lainnya silahkan kunjungi www.leatique.com


3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 114
18 Aug sd 23 Sep 2023

bottom of page