top of page

5 Tips Menata Taman Belakang Rumah agar Tampak Lebih Asri

Buat kamu yang memiliki lahan di belakang rumah, lebih baik kamu tata dan desain sedemikian rupa menjadi taman belakang rumah yang asri agar bisa jadi sarana rekreasi keluarga yang murah dan penuh manfaat. Itulah kenapa, area ini perlu diperhatikan dan dikelola dengan sebaik-baiknya.


Memang tidak semua orang bisa dan paham cara membuat taman rumah yang sederhana dan baik. Pasalnya, pekerjaan satu ini pun memiliki ilmu khusus yang tak dikuasai semua orang.


Meskipun begitu, ilmu berkebun ini sangat bisa dipelajari oleh siapapun, termasuk oleh pemula. Sebagai panduan pemula, kamu bisa mengikuti 5 tips membuat taman belakang rumah sederhana berikut ini dari Leatique Decoration.





1. Jenis Tanaman yang Beragam


Daya tarik utama pada sebuah taman adalah keragaman tanaman yang dimilinya, baik untuk taman belakang rumah ataupun taman lainnya.


Apabila kamu hanya memiliki satu atau dua jenis tanaman yang berwarna, akan membuat tampilan taman belakang milikmu kurang menarik.


Karena itulah alasannya taman belakang rumah harus ditanami beragam tanaman dari berbagai jenis. Variasi tanaman di taman belakan rumahmu tidak selalu harus tanaman hias, kamu juga bisa mengisinya dengan tanaman obat herbal yang bermanfaat.



2. Membagi Menjadi Beberapa Area


Jika taman belakang rumahmu berukuran kecil maka kamu bisa menyiasatinya dengan membagi tanaman menjadi beberapa bidang kecil untuk fungsi yang berbeda.


Seperti membagi area taman menjadi empat bidang yang disekat dengan pembatas dari kayu atau batu. Pada bidang tanah pertama kamu bisa menggunakannya untuk tanaman hias, di bidang kedua bisa digunakan untuk tanaman obat, di bidang ketiga untuk menanam sayuran.


Bidang tanaman ini bisa kamu sesuaikan dari ukuran, dan fungsi setiap bidang tanahnya sesuai seleramu.



3. Mengkombinasi Warna Taman Belakang


Taman yang indah adalah tanaman dengan beraneka warna dan tertata dengan rapih, sehingga menyejukkan mata bagi para penikmatnya.


Agar taman belakang rumahmu menarik dan menyejukan mata, kamu bisa mengombinasikan ragam tanaman dengan aneka warna. Terutama saat ini sudah banyak sekali jenis tanaman yang tidak hanya bunganya namun juga daunnya yang memiliki warna beraneka ragam.


Afar lebih menarik kamu juga bisa menghias pot dan media tanamnya agar lebih berwarna.



4. Melengkapi taman belakang item yang beragam


Taman belakang biasanya akan dibentuk sederhana dan tidak terlalu ramai. Tapi jika kamu menginginkan taman yang berbeda, kamu bisa menambahkan beberapa item untuk menghiasinya.


Kamu bisa menambahkan pada taman belakang rumah dekorasi dengan bebatuan hias, kolam air mancur mini, dan berbagai hiasan lainnya.


Selain itu kamu juga bisa melengkapi taman dengan tanaman seperti daun sirih gading, daun pandan dan maple jepang.




5. Selalu meminta saran perawatan taman pada ahlinya


Sesuatu yang diberikan oleh ahlinya akan lebih baik, karena itu kamu yang ingin membuat taman belakang semakin asri harus belajar dari ahlinya.


Beberapa orang yang ahli di bidang taman misalnya desainer interior atau arsitek lanskap. Kamu bisa meminta saran dan pendapat soal desain taman, jenis tanaman yang pas, ataupun soal cara merawat taman.






70 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 121
30 Mei sd 8 Juli 2024

bottom of page