top of page

5 Tips Mendekorasi Apartemen Supaya Terlihat luas

Apartemen identik dengan hunian vertikal dan ukuran yang kecil. Apartemen umumnya memiliki luas sekitar 40 m2 dan tinggi plafon berkisar 2,5 - 3 meter saja. Oleh karena itu, anda perlu berfikir bagai mana caranya supaya apartemen yang kecil bisa terlihat besar.


anda perlu memikirkan bagaimana mensiasati penataan ruangan agar apartemen terlihat lebih luas. Untuk penggunaan furnitur pun tidak boleh asal asalan furnitur yang digunakan harus berukuran kecil agar menghemat ruang.



1.Furnitur konsep “mengembang”



Furnitur yang berukuran besar akan membuat ruangan apartemen terasa sempit. Jika anda tetap ingin menggunakan furnitur yang berukuran besar, maka gunakanlah furnitur dengan konsep “mengembang”.


Contoh furnitur berukuran besar. Seperti sofa dengan kaki penyangga yang kecil, kabinet tanpa kaki, dan wastafel gantung yang bisa bertumpu di dinding. Variasi furnitur dengan konsep “mengembang” bisa menciptakan suasana apartemen lebih luas dan nyaman untuk ditinggali.



2. Gunakan furnitur dengan funsi ganda


Anda harus memilih furnitur yang bisa berperan ganda. Sebab, ruang apartemen yang tidak begitu luas menuntut anda menempatkan furnitur lebih sedikit. Furnitur dengan fungsi ganda bisa menghemat banyak ruang di apartemen anda.


Salah satu furnitur dengan fungsi ganda yang bisa dipilih, yakni tempat tidur yang bisa dijadikan sofa. Selain itu, anda bisa memilih kabinet minimalis dengan storage tersembunyi atau storage tanpa kaki untuk membuat ruangan terlihat lebih luas dan nyaman.



3. Furnitur storage memanjang keatas


Saat memilih storage, pastikan memilih storage berbentuk vertikal alias memanjang ke atas. Furnitur storage yang memanjang keatas bisa menghemat ruangan, sehingga bisa jadi solusi untuk apartemen kecil yang minim ruang.


Maksimalkan penggunaan storage vertikal untuk menyimpan barang-barang, buku dll. Untuk mempercantik ruangan, anda juga bisa menyimpan barang-barang di keranjang anyam, lalu tempatkan di storage vertikal.


4. Open space dan transisi ruangan yang jelas


Untuk apartemen tipe studio, anda bisa membaginya menjadi beberapa area seperti dapur, ruang makan, ruang tamu, dan kamar tidur. Keterbatasan ukuran apartemen tidak menghambat kreativitas anda untuk menciptakan ruangan open space.


Anda sebaiknya tidak menggunakan lemari untuk membatasi area. Biarkan saja semuanya terlihat dan menyatu. Hal terpenting yang perlu anda pikirkan ialah, bagaimana cara menata ruangan agar terlihat rapi dan sedap dipandang mata.


Untuk membatasi setiap ruangan, Mama bisa menggunakan tirai, kaca, atau panel kayu yang mudah digeser. Batas ruangan bertujuan menciptakan transisi, sehingga setiap ruangan mempunyai peran spesifik yang jelas.



5. Cat harus warna netral atau terang


Untuk membuat apartemen terasa luas dan lapang, Anda sebaiknya memilih cat dinding warna netral atau terang. Warna cat ding ding yang terang bisa menambah pencahayaan di ruangan sehingga apartemen terasa lebih luas.


Jika anda menyukai warna gelap, maka anda bisa memakainya di sudut ruangan saja. Tetap gunakan furnitur berwarna netral dengan dominasi cat dinding berwarna terang atau netral.







8 tampilan0 komentar

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 120
08 April sd 15 Mei 2024

bottom of page