top of page

7 Karakteristik Rumah Modern Tropis


Indonesia merupakan negara yang bisa disebut negara tropis, sebab Indonesia terletak persis di garis khatulistiwa dan hanya memiliki dua musim, yaitu hujan dan panas (kemarau). Sangat pas jika kita menerapkan desain modern tropis untuk hunian baru kita, sebab dengan menerapkan desain modern tropis bisa cocok dan sangat nyaman bila diterapkan. Tidak jauh dari namanya, desain modern tropis adalah gaya dengan arsitektur yang pas dengan iklim dan cuaca tropis. Desain yang dirancang sedemikian rupa, supaya cahaya bisa masuk dan keluar dengan leluasa.

Di zaman sekarang ini, banyak desain rumah yang beragam di internet, tapi rumah yang bernuansa tropis sekarang ini kian diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Dengan nuansa yang berbeda, akan sangat menyenangkan jika kita menerapkan desain modern tropis di rumah kita.

kamu harus tahu apa saja karakteristik rumah yang menerapkan desain rumah modern tropis? Berikut adalah beberapa konsepnya.


1. Konsep Open Space

Konsep open space atau biasa juga disebut dengan konsep serba terbuka menjadi tips pertama, untuk mengaplikasikan desain rumah tropis modern ini. Dengan konsep ini, sirkulasi udara bisa jadi lebih lancar, cahaya masuk dengan mudah dan melimpah.

Dalam menerapkan desain open space, anda bisa mulai dengan menghilangkan sekat atau tembok di dalam rumah agar terbuka dan bisa menyatu dengan lingkungan sekitar. Jika konsep ini dirasa terlalu terbuka, bisa menambahkan dinding kaca atau pintu lipat di antara area indoor dan outdoor agar tidak terlalu terbuka. Selain dapat terlihat menyatu dengan lingkungan sekitar, menggunakan konsep ini akan membuat rumah tampak lebih luas dan besar, jadi tidak terasa sesak.

Untuk menerapkan konsep ini, anda harus memiliki halaman yang luas, sebab kalau tidak maka akan mengurangi rasa nyaman yang bisa anda rasakan.


2. Banyak Ventilasi

Pada desain rumah modern tropis ventilasi yang banyak sangat di butuhkan. Sebab dengan banyak ventilasi, suhu di dalam rumah akan terjaga dengan baik. jika ventilasi di rumah kurang baik, bisa membuat perabotan rumah ataupun dinding rumah mudah berjamur.

Terdapat banyak pentilasi rumah yang bermacam-macam, contohnya yang sering di pakai untuk rumah modern tropis yaitu pentilasi kotak.


3. Memiliki Nuansa Nautical

Nuansa nautical atau bisa disebut konsep “back to nature”. Menyatu dengan alam, nuansa nautical harus dilengkapi dengan bunga bunga ataupun tanaman yang bisa memberikan nuansa nautical kepada penghuninya. Seperti tanaman yang merambat yang bisa di bentuk sedemikian rupa agar menghasilkan bentuk dan gaya yang sesuai dengan selera. Ataupun tanaman yang berdaun lebat, yang bisa kamu bentuk seperti pohon hias.

Selain itu, bisa juga dengan menambahkan perpaduan ornamen ornamen kayu atau bambu yang memberi nuansa hangat. Dan furniture furniture yang bernuansa alami seperti yang terbuat dari kayu jati dan ataupun dari bambu.


4. Mengusung Konsep Minimalis

Siapa sih yang enggan untuk menerapkan konsep minimalis. Di desain rumah modern tropis juga kamu bisa menerapkan konsep minimalis. Dengan mengutamakan fungsi dan juga dengan minim furniture yang bisa membuat ruangan menjadi rapi, luas dan estentik.

Untuk mengusung desain rumah tropis yang minimalis, kamu harus mengaitkan konsep kesederhanaan pada hunian ini. Dalam artian, tempatkan barang-barang yang penting saja pada ruangan. Dengan menerapkan hal ini, rumah kamu akan terkesan yang lebih bersih dan juga luas.

Selain itu, pastikan meletakkan furnitur dengan ukuran yang pas. Ini bermaksud agar ruangan tidak terlihat sempit dan sesak. Tak heran banyak orang yang ingin menggabungkan konsep minimalis dengan desain modern tropis.



5. Adanya Unsur Air

Dengan menggabungkan konsep modern tropis dengan alam, tentu air menjadikan hal yang harus dipertimbangkan dalam karakteristik konsep ini. Penggunaan unsur air dalam desain modern tropis bermaksud agar rumah terlihat lebih asri dan indah.

Bisa juga di tambahkan dengan kolam renang berukuran kecil apabila lahan yang anda miliki dirasa cukup. Jika kolam renang tidak memungkinkan, bisa juga menambahkan kolam ikan hias yang mampu membuat ketenangan saat mendengarkan suara air yang mengalir.

Setelah itu bisa ditambahkan juga hiasan seperti lampu lampu hias kecil yang bisa membuat kehangatan serta keindahan.

banyak yang jual lampu-lampu taman yang bagus, seperti yang di sediakan www.leatique.com


6. Memakai Material Ramah Lingkungan

Dalam mengaplikasikan desain arsitektur rumah tropis modern, tidaklah mahal jika kita bisa memanfaatkan yang ada. Seperti kayu, batu alam, bambu, jerami, injuk, dan masih banyak lagi. Sebab material yang berkaitan dengan desain modern tropis sudah banyak tersedia di alam.

Kamu harus mempertimbangkan juga materialnya, pilihlah material yang bagus, murah, dan kuat, agar ketahanannya bisa menghadapi iklim yang tropis. Serta pastikan juga memiliki kenyamanan, sebab kenyamanan harus di nomor satukan.




7. Memaksimalkan Pencahayaan Alami

Dengan memaksimalkan cahaya alami seperti cahaya matahari, hal ini bisa menciptakan ruangan yang lebih segar. Bukan langsung dari atap ya, melainkan cahaya alami yang masuk lewat jendela kaca besar atau bisa seperti konsep open space. Kamu bisa menghemat listrik, sebab dengan pencahayaan dari sinar matahari yang masuk dengan melimpah, lampu siang hari bisa dimatikan.


Itulah beberapa karakteristik rumah modern tropis yang harus kamu ketahui.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.



13 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 120
08 April sd 15 Mei 2024

bottom of page