top of page

Apa Itu Attic Room

Diperbarui: 18 Nov 2022


Haloo Bu Ibu...


Apa kamu pernah mendengar tentang attic room? Jika kamu belum pernah mendengarnya sangat wajar, karena attic room jarang ada di Indonesia. Tapi buat kamu yang pengen rumahnya beda dari yang lain, kamu bisa membuat attic room di rumah kamu yaa.


Untuk mengenal lebih jelas tentang attic room mari simak penjelasan berikut ini.



Pengertian Attic Room


Attic room adalah sebuah ruangan yang berada di bawah atap rumah. Konsep ini lumrah di gunakan di luar negeri sebagai ruang tambahan di dalam rumah.


Namun untuk di daerah tropis seperti Indonesia, jarang sekali rumah yang memiliki attic room. Karena iklim yang panas loteng akan berfungsi sebagai insulator radiasi panas matahari, sehingga rumah tidak terasa panas.


Sedangkan saat di musim hujan rangka atap di Indonesia dibuat curam untuk menahan intensitas curah hujan yang tinggi. Sehingga tidak akan cukup untuk dialih fungsikan sebagai ruangan.


Tapi jika rumah kamu memiliki attic room akan menjadi nilai lebih saat kamu hendak menjualnya. Selain itu attic room bisa menjadi ruang tambahan di rumah kamu, berikut beberapa ruangan yang bisa kamu buat di attic room.



Kamar Tidur


Attic room bisa difungsikan sebagai kamar tidur tambahan, hal ini bisa menjadi solusi menarik bagi kamu yang kekurangan ruangan untuk kamar anak. Namun, jika ingin menggunakan attic room untuk kamar tidur disarankan agar menambahkan mesin air conditioner (AC), dikarenakan posisi ruangan ini persis di bawah atap sehingga dikhawatirkan akan membuat udara terasa panas.



Ruang Kerja


Attic room juga bisa digunakan sebagai ruang kerja kamu. Jika ingin membuat ruang kerja, jangan lupa untuk memperhatikan pencahayaan ruangan, buatlah saklar pengontrol lampu antara lantai bawah dan attic room. Kamu juga bisa menambahkan jendela pada ruangan agar cahaya bisa masuk ke dalam ruang kerja.



Perpustakaan


Jika kamu termasuk orang yang hobi membaca dan berkeinginan untuk memiliki ruang baca bisa diwujudkan dengan memanfaatkan lantai attic room. Di ruang perpustakaan tersebut, kamu bisa menambahkan karpet dan sofa panjang serta cushion. Tujuannya, agar ruang perpustakaan bisa digunakan dengan nyaman.



Gudang


Attic room juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang atau gudang. Jika difungsikan sebagai gudang maka ruangan harus dibuat lebih lebar dan kokoh, tujuannya agar bisa memuat banyak barang dan bisa bertahan lama.


Buat kamu yang cari dekorasi untuk attic room kamu bisa langsung lihat product kami. Apabila ada product yang di pengen tapi gak ada di katalog kami Leatique, kamu bisa langsung chat admin dan akan kami bantu carikan yaa.



6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 122
15 Juli - 25 Agustus 
2024

bottom of page