Apa itu gaya Rustic Vintage
top of page

Apa itu gaya Rustic Vintage

Diperbarui: 4 Mar 2023


Apa itu Gaya Rustic adalah suatu konsep desain rumah yang punya tekstur tidak halus atau kasar dan tidak diselesaikan. Rustik sendiri jika terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia mempunyai arti tua atau berkarat. Maksudnya adalah penataan desain rumah dan interior yang lebih memfokuskan pada kesan yang lebih alamiah dan tetap mengusung nilai Elegan. Dalam penggunaaan material, konsep desain ini sering tidak melakukan proses penyelesaian akhir, sehingga kesan kasar lebih sering muncul.





Sebenarnya, secara tidak sadar banyak masyarakat Indonesia yang telah lama menerapkan desain ini pada bangunan rumah milik mereka. Terutama untuk rumah yang menggunakan desain dan gaya tradisional dan juga dekorasi rumah yang berkonsep shabby chic vintage. Namun mereka tidak sadar jika gaya yang mereka terapkan merupakan gaya rustic yang saat ini menjadi trend di beberapa kota besar Indonesia bahkan dunia.


Desain rumah country sebenarnya juga mendekati konsep gaya rustic juga. Terutama dalam hal penggunaan bahan kayu serta batu yang lebih banyak. Sedangkan rumah modern atau minimalis yang juga banyak menggunakan bahan batu juga bisa dinamakan rustic juga meski bukan rustic dalam arti yang sebenarnya.





Karena ciri-ciri utama dari gaya desain ini memang terletak pada penggunaan bahan yang lebih alami serta tidak pernah dilakukan finishing. Misalnya pada bagian dinding dalam atau luar ruang yang temboknya tidak diplester dengan aci. Atau bisa juga sebagai pengganti plester aci digunakan batu yang punya tekstur kuat. Sehingga kesan yang muncul adalah bahan yang kasar serta tua dan bernuansakan tempo dulu.


Rustic bukanlah suatu yang lusuh, tetapi ciri khas untuk lebih Vintage dan Elegan dengan konsep American Country.

Untuk penggunaan warna, desain rustic sangat cocok menggunakan warna yang lebih alamiah dan mendekati tampilan bahan yang digunakan. Misalnya merah bata atau tanah, coklat kayu, kuning pucat atau abu-abu dan hitam.


Lampu Hias juga dapat diterapkan menggunakan gaya rustic sehingga lampu tersebut terlihat lusuh namun tetap elegan dengan cat garis kecil yang terlihat vintage.





Selanjutnya untuk penataan interior, konsepnya juga tidak begitu jauh berbeda dengan desain lain. Namun gaya rustic lebih menitik beratkan pada penggunan bahan dan material yang teksturnya cenderung kasar dan lebar.



358 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 120
08 April sd 15 Mei 2024

bottom of page