top of page

Apa Itu Utility Room

Haloo Bu Ibu...


Ada banyak area di rumah kamu yang selalu ingin kamu perhatikan, seperti living room, dinning room, kamar tidur, kamar mandi dan lainnya sebagainya.


Tapi jarang sekali orang memperhatikan ruangan fungsional seperti utility room ini. Padahal dari nilai fungsinya ini cukup penting untuk hadir di rumah kamu. Buat kamu yang belum tau tentang utility room ini, mari simak pembahasan berikut.



Utility Room atau Ruang Servis


Ruang servis atau beberapa mengenalnya dengan utility room ini adalah ruangan dimana kamu bisa menyimpan perabotan yang jarang terpakai, dapur kerja dan area kerja untuk asisten rumah tangga, lengkap dengan kamar mandi dan kamar tidurnya.


Meski ruang utility room ini jarang ada di rumah Indonesia, namun dari segi kegunaannya sangat disarankan untuk memilikinya. Karena pada umumnya kamu bisa melakukan aktivitas seperti mencuci piring, menucui pakaian, menjemur pakaian, menyetrika pakaian, menyimpan barang dan juga menyimpan bahan makanan di utility room.


Untuk kamu yang ingin memiliki utility room ini dan butuh inspirasi, berikut beberapa pilihan utility room yang bisa kamu gunakan.



Utility Room Menyatu dengan Dapur


Salah satu ruang servis atau utility room yang paling sering ditemui yaitu ruang servis yang menyatu dengan dapur. Ini dilakukan untuk menyiasati keterbatasan luas lahan yang tersedia. Ide desain ruang servis yang menyatu dengan dapur sering dilakukan di hunian apartemen atau rumah berukuran kecil.


Kamu bisa meletakan mesin cuci dan peralatan setrika di kabinet bawah dapur. Pemilihan dapur sebagai tempat untuk ruang servis juga didasari dengan adanya sistem instalasi air yang memadai.



Utility Room Dekat Area Halaman Belakang


Untuk ruang servis, selain membutuhkan sistem instalasi air yang baik, membutuhkan sirkulasi udara yang cukup. Hal ini dikarenakan aktivitas di ruang servis erat kaitannya dengan kelembapan yang tinggi. Karena itulah area servis bisa kamu tempatkan juga dekat dengan area halaman belakang yang terbuka. Selain membutuhkan sirkulasi udara, area servis yang dekat dengan halaman belakang bisa mendapatkan cahaya alami yang berlimpah.


Untuk area servis yang dekat dengan halaman belakang ini akan membantu kamu untuk menjemur pakaian. Karena dengan menjemur pakaian di area terbuka bisa membuat pakaian cepat kering daripada di dalam ruangan yang pengap dan gelap.



Dalam Ruangan Khusus


Kebanyakan rumah di Indonesia melakukan kegiatan mencuci masih di area kamar mandi sedangkan untuk menyetrika pakaian dilakukan di banyak tempat, seperti kamar tidur, ruang keluarga bahkan diatas lantai ruangan rumah. Padahal jika kamu memiliki ruangan khusus untuk melakukan kegiatan mencuci dan menyetrika akan membuat pekerjaan kamu lebih mudah.


Tidak ada salah jika kamu membuat ruangan khusus untuk area servis ini. Cukup dengan ruangan berukuran 2x1 meter untuk area mencuci dan ruangan berukuran 3x2 meter untuk area jemur akan mempermudah kamu dalam beraktivitas dan menghindari kesan berantakan dalam rumah. Agar tidak memakan tempat kamu juga bisa menggantukan jemuran di atas mesin cuci sehingga area mencuci dan jemur bisa menyatu. Sedangkan sisa ruangnya bisa kamu gunakan untuk area menyetrika.



Memaksimalkan Sudut Dinding


Karena keterbatasan ruangan menjadi kendala terbesar bagi kebanyakan orang untuk membuat utility room. Namun kamu masih bisa menyisakan ruang untuk utility room, karena tidak memerlukan area yang besar. Kamu bisa memanfaatkan sudut dinding yang masih kosong.


Kamu bisa mencari area yang tidak terpakai sekitar kamar mandi atau dapur yang dapat digunakan sebagai area servis. Kamu bisa memasang beberapa ambalan yang di tempel di dinding untuk menyimpan detergen, sabun pewangi dan lainnya. Selain itu kamu bisa melengkapinya dengan open storage di samping mesin cuci. Jangan lupa untuk memperhatikan pipia pembuangan air bekas mencuci cuci.



Menyusun di Dalam Lemari


Jika kamu ingin menggunakan servis area sebagai tempat penyimpanan yang efisien, rapi dan tidak memakan banyak tempat, kamu bisa menggunakan satu lemari sebagai tempat untuk area servis. Kamu bisa membuat lemari penyimpanan yang dapat menampung mesin cuci, meja setrika dan perabot penunjang lainnya.


Buat juga beberapa kompartemen di dalamnya untuk meletakkan detergen, sabun, pewangi dan sebagainya. Kamu bisa menggunakan papan setrika dan kursi lipat yang dapat disembunyikan di sela-sela lemari jika tidak diguanakan. Untuk mendapatkan lemari tersebut kamu bisa memesannya secara custom untuk di sesuaikan dengan kebutuhan ukuran.


Selain dari sisi kenyamanan, utility rooom harus dirancang dengan baik akan memberikan nilai estetik bagi hunian secara keseluruhan.



Buat kamu yang cari dekorasi rumah, bisa langsung lihat katalog produk kami yaa. Selain lampu, Leaitique juga punya cermin, basin, wall deco, shower, knob dan lainnya. Untuk detail nya langsung chat admin kami.



3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 122
15 Juli - 25 Agustus 
2024

bottom of page