top of page

Apa Itu Void Rumah

Haloo Bu Ibuu...


Buat kamu yang ingin membangun rumah, harus mengenal rumah yang akan kamu huni nantinya yaa. Salah satu nya kamu harus tau agar rumah kamu adalah hunian sehat, dan memiliki sirkulasi udara dan penchayaan yang baik.


Untuk memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik, salah satunya kamu bisa membuat void rumah. Buat kamu yang baru denger void rumah itu apa, mari simak pembahasan berikut ini yaa.



Kata void berasal dari bahasa inggris yang berarti kosong/tidak terisi. Ini Bisa diartikan void rumah adalah ruang kosong terbuka atau lubang besar yang terletak diantara lantai dasar dan lantai tingkat diatasnya.


Pada umumnya, void berfungsi sebagai area terbuka untuk menghubungkan antara lantai rumah, sekaligus memberikan pencahayaan alami ke dalam rumah.



Manfaat Void


Dalam bidang arsitektur, penggunaan void sering dijumpai baik pada bangunan berskala besar seperti mall ataupun bangunan skala kecil seperti rumah.


Void biasa hanya diterapkan pada rumah yang memiliki lebih dari satu lantai. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa rumah dengan satu lantai bisa menerapkannya, dengan syarat rumah memiliki langit-langit yang tinggi dan menerapkan konsep mezzanine di dalamnya.


Berikut ini beberapa fungsi dari void rumah :



  • Memungkinkan pencahayaan, baik cahaya alami dan cahaya buatan untuk menembus beberapa lantai sekaligus

  • Mengalirkan udara ke semua lantai

  • Menjadi cross ventilation atau ventilasi silang alami yang akan bermanfaat bagi kesehatan

  • Mencegah lembab dan tumbuhnya jamur

  • Menambah kesan dinamis dan luas di dalam rumah

  • Menghemat energi


Contoh Penerapan Void Rumah



Void Rumah yang Luas


Void rumah akan menciptakan area dimana cahaya dapat menembus setiap sudut rumah, sehingga akan menambahkan kehangatan dan keterbukaan di dalamnya. Dengan menghapus bagian lantai yang tidak perlu dan menambahkan banyak jendela besar, cahaya alamai akan mengeisi area rumah yang gelap.


Dalam penerapan ini, double volume void tidak hanya menambah kesan minimalis rumah, tetapi juga akan membuat kesan megah di rumah kamu.



Void Ruang Makan


Void pada rumah minimalis akan menciptkan kesan yang estetis secara keseluruhan. Sebagai pengganti dinding yang monoton, penerapan jendela bisa jadi alternatif yang tepat.


Desain void pada ruang makan ini akan memberikan efek lapang dan terang. Serta menimbulkan kontras antara ruang bawah dan area terbuka diatasnya, sehingga akan menciptakan keintiman diantara lantai.


Terlebih jika kamu menggunakan lantai kayu dalam ruangan akan membuat ruang makan kamu semakin hangat.



Void Penghubung Indoor dan Outdoor


Beberapa orang menyukai ruangan terbuka, tidak heran banyak area komersial yang memiliki area alfresco di dalamnya.


Namun konsep ini bisa kamu terapkan juga dihunian pribadi. Tepatnya menggunakan void rumah untuk menggabungkan bagian indoor dan outdoor rumah.


Dalam penerapannya, void penghubung ini meningkatkan cakupan beranda rumah dan dalam prosesnya menghubungkan interior dan eksterior bangunan.



Void Belakang Rumah


Void juga bisa kamu terapkan di area belakang rumah. Desain ini sangat cocok untuk diterapkan pada hunian yang memiliki taman belakang.


Dua keunggulan dari void ini adalah banyaknya cahaya alami yang masuk dan sirkulasi udara yang baik. Hal ini dikarenakan atap void rumah yang tinggu serta pemakaian banyak kaca diatasnya.


Void area belakang urmah ini bisa kamu gunakan sebagai tempat berjemur, berolahraga dan sebagai garden party.



Buat kamu yang cari lampu void bisa langsung lihat catalog product kami yaa. Selain lampu Leatique juga punya cermin, basin, wall deco, shower, knob dan lainnya yaa. Kamu juga bisa custom prodcut di Leatique lhooo, untuk detailnya bisa langsung chat admin.

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 122
15 Juli - 25 Agustus 
2024

bottom of page