Cara Merawat Piring Hias Berbahan Keramik

Kamu yang suka mengoleksi piring hias pasti sangat khawatir untuk merawat piring-piring tersebut. Apalagi kalau piring kamu sampai mengalami retak ataupun noda yang sulit hilang.

Karena itu mari kita bahas cara untuk merawat piring hias yang berbahan keramik.


Bahan keramik atau beberapa orang menyebut dengan bahan porselen merupakan bahan yang sejak dulu dikenal paling bagus dan awet untuk peralatan makan.


Bahannya bisa menyimpan panas, permukaannya licin dan mudah dibentuk serta dapat diberi warna. Karena itu sampai sekarang tetap disukai sebagai peralatan makan. Saat ini juga banyak peralatan makan dengan warna-warni dan desain yang cantik.


Kualitas dari piring berbahan keramik yang bagus biasanya ringan, permukaannya licin dan memakai bahan pewarna yang aman untuk makanan. Sedangkan yang kualitasnya kurang bagus biasanya lebih berat dan warnanya juga tidak bisa putih bersih dan memakai pewarna mencolok.


Saat membeli, periksalah bahan keramik ini dengan cara mengangkat, keramik yang bagus akan terasa ringan dan halus. Sebaliknya piring hias yang kurang bagus lebih berat dan agak kasar. Perhatikan juga nama produsen yang tercetak di bagian bawah piring dan mangkuk. Jika tak tertera nama produsen sebaiknya jangan membeli barang tersebut karena kualitas bahan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Jika ada bagian peralatan yang retak, sebaiknya teliti dengan cermat, bagian mana yang retak dan berapa luas retaknya. Jika bagian pinggir yang retak, masih bisa dipakai. Tetapi jika bagian dasarnya yang retak sebaiknya tak usah dipakai kembali. Karena sela-sela di bekas retakan akan mudah dimasuki kotoran.



Cara merawat piring hias keramik salah satunya dengan mencuci peralatan keramik dengan larutan sabun yang hangat dan keringkan. Simpanlah di tempat yang kering dan tertutup. Jika wadah memiliki warna atau ornamen hiasan di keliling atau permukaannya, lapisilah piring atau mangkuk dengan kertas tipis agar cat tidak lecet atau tergores karena ditumpuk.


Jika terdapat bercak kecokelatan atau kotoran yang menyelip di sela-sela wadah keramik bisa dibersihkan dengan mudah. Buat larutan soda kue dan air yang tak terlalu encer. Gosokkan busa tipis yang sudah dicelup larutan soda ini ke permukaan yang kusan atau kotor. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih dan keringkan. Piring hias kesukaanmu pun akan awet dan terawat selalu seperti pertama membeli. Meski kamu menggunakannya sebagai alat makan sehari-hari jika kamu merawatnya dengan baik piring-piring keramik tersebut akan selalu bersinar dan bersih.

4 tampilan0 komentar

Jl Margaasri No.37 Komplek Margaasri Ciwastra

Bandung, Jawa Barat 40287

Indonesia

whatsapp pink.png