top of page

Dekorasi Rumah dengan Tema Etnik



Tema etnik memang jarang sekali orang yang menggunakannya dalam memilih tema sebuah rumah. Akan tetapi jika kamu yang memiliki nilai tinggi dalam seni dan hal tradisional wajib memiliki rumah idaman dengan tema etnik.


Dengan keunikan tema etnik akan memberikan kesan tersendiri pada rumah dan orang yang ada di dalamnya. Karena tanpa kamu sadari kamu akan memiliki ciri khas tersendiri daripada rumah pada umumnya.


Dengan rumah bertema etnik ini suasana di rumah pun akan memberikan kesan tenang namun hangat dengan beragam dekorasi kayu. Selain itu rumah dengan tema etnik bisa memberikan banyak insipirasi bagi kamu dengan banyak ragam pola sederhana yang memberikan kesejukan di dalamnya.


Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu pakai saat membuat rumah dengan tema etnik, di simak yaa...



1. Dekorasi di Halaman


Rumah dengan tema etnik yang terbaik adalah rumah yang bisa terasa nilai tradisoinalnya dari halaman luarnya. Karena rumah tema etnik ini memberikan kesan yang tenang dan sejuk maka disarankan agar kamu memiliki halaman yang cukup luas.


Untuk area halaman ini kamu bisa memberikan beberapa sentuhan seperti pada area gerbang masuk atau pintu rumah yang berbahan kayu dengan beberapa ukiran pada permukaannya. Di daerah jawa gerbang dengan ukiran kayu di permukaannya biasa disebut dengan gebyok.


Selain dari ukiran kayu pada bagian gerbang dan pintu. Kamu bisa memberikan efek etnik yang lebih mendalam dengan lampu dinding antik yang berbentuk seperti lentera.


Hal yang tidak kalah penting untuk mendapatkan kesan etnik adalah adanya sangkar burung. Kamu bisa mendapatkan sangkar burung yang berupa ukiran kayu di bagian sisi-sisinya.


Dengan adanya burung kicau di area rumah etnik menjadi ciri khas yang tidak bisa dilepaskan karena mencermikan nilai tradisional dari buadaya di Indonesia.



2. Dekorasi Ruang Tengah


Ruang tengah menjadi ruangan yang paling harus kamu buat mencolok dalam memberikan dekorasi etnik. Karena di ruang tengah ini orang-orang yang berkunjung akan meberikan penilaiannya.


Untuk mendekorasi ruang tengah sebaiknya kamu jangan mengurangi dekorasi yang terbuat dari bahan ukiran kayu. Kursi kayu dengan tempat dudukan rotan, coffee table berbahan jati bisa kamu gunakan untuk menguatkan nilai etnik. Untuk dekorasi lainnya kamu bisa menambahkan kotak tisu yang terbuat dari kayu.


Hiasan-hiasan lain yang bertema etnik pun bisa kamu taruh disini, seperti lampu duduk, setrika antik, hiasan sepeda onthel dan perintilan lainnya. Usahakan untuk mendapatkan ruang tengah ya luas juga yaa, agar memberikan ruang untuk berbicara lebih santai.



3. Ruang Keluarga


Ruangan ini menjadi ruang yang membuat kamu dan orang-orang rumah merasa nyaman dan selalu ingin kembali pulang. Adanya ruang keluarga dimaksudkan untuk memberi kehangatan bagi para penghuninya dan saling terhubung dengan berbagi cerita antar anggota keluarga.


Sama seperti ruang tengah, dekorasi di dalamnya pun harus memiliki nilai alami. Seperti kayu dan rotan. Kamu bisa mengaplikasikannya pada perabot kursi, meja, lemari bahkan karpet pun bisa menggunakan bahan alami. Untuk kursi dan meja jika kamu mendapatkan denga pola ukiran maka akan lebih baik, untuk memberikan nilai estetik.


Selain itu kamu bisa menambahkan lemari berbahan kayu jati yang memiliki ukiran serta menambahkan gantungan foto keluarga diatasnya. Selain foto tambahkan juga beberapa tanaman di dalam ruangan keluarga untuk menambahkan nuansa kehangatan dan ketenangan di dalamnya.



4. Dapur dan Ruang Makan


Jika berbica tentang tema etnik salah satu yang tidak bisa lepas dari dekorasinya adalah bagian dapur.


Karena bagian dapur tema etnik sangat berbeda dengan dapur pada umumnya. Kebanyakan dapur memiliki warna putih atau cerah sebagai warna dasarnya. Akan tetapi untuk dapur tema etnik akan banyak di warnai dengan dekorasi coklat ataupun plitur kayu.


Jika memungkinan untuk kamu, lebih terlihat nilai tradisional dengan memasang tungku di area dapur sebagai salah satu dekorasi.


Hal penting lainnya adalah di area makan, untuk area makan kamu bisa memberikan meja makan besar dengan kursi yang terbuat dari kayu jati. Bentuk dari meja dan kursi makan ini tidak wajib memiliki ukiran kayu, tapi sebisa mungkin untuk bisa memberikan kesan yang menyatu dengan area lainnya.



5. Dekorasi Kamar Mandi


Dekorasi kamar mandi dengan tema etnik tidak harus menggunakan perabotan tradisonal, kamu bisa sedikit menyesuaikan dengan perabotan modern bersamaan.


Seperti shower, bathtub tidak perlu kamu hilangkan. Kamu bisa memperkuat tema etnik dengan dekorasi lainnya. Seperi menepatkan gentong keramik di kamar mandi, menggunakan keramik hitam, serta memberikan dekorasi kayu dan tanaman di dalamnya.


Jika kamu memiliki kamar mandi yang cukup besar, maka kamu bisa menambahkan juga dekorasi pancuran air dari bambu untuk mendapatkan ketenangan saat berada di kamar mandi.



6. Dekorasi Kamar Tidur


Dekorai kamar tidur dengan tema etnik akan selalu memiliki pilar kayu di dalamnya. Selain itu atapnya tidak di tutupi dengan plafon dan di biarkan atap terlihat kayu-kayunya.


Ranjang untuk tempat tidur pun kamu bisa memilihnya dari material besi ataupun kayu jati. Tidak lupa untuk menambah suasana tradisional kamu bisa memasang kelambu di area ranjang.


Untuk dekorasi lainnya kamu bisa menambahkan lemari besar berbahan kayu jati, serta meja rias dan cermin ukiran untuk menguatkan nuansa etnik di kamar tidur.



Meski tema etnik lebih banyak mengeluarkan biaya dari tema rumah lainnya, tapi kamu akan mendapatkan hasil yang puas dengan dekorasi yang hadir. Dengan tema etnik rumah kamu akan menjadi sorotan dari rumah lainnya, serta kamu beserta keluarga sebagai penghuninya akan mendapatkan kepuasan tersendiri seperti kehangatan dan ketenangan di dalamnya dengan beragam nuansa alami dan tradisional.


Di Leatique pun ada lampu gantung dengan tema etnik dan modern yang cocok untuk rumahmu. Untuk cek produk kita bisa klik link berikut ini.










26 tampilan0 komentar

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 122
15 Juli - 25 Agustus 
2024

bottom of page