top of page

Hati Hati Bukti Tranfer

Diperbarui: 4 Mar 2023


Buat Para onlineshopper sekarang harus lebih hati2 ya, karena semakin canggihnya teknologi merupakan 2 mata pisau, teknologi akan baik apabila dipakai oleh orang baik, dan juga sebaliknya.


Sekarang ini udah banyak banget beredar aplikasi untuk mencetak bukti transaksi berbagai bank, dan hasilnya yang sangat otentik percis dengan aslinya, mulai dari kertas yang dipakai, font yang digunakan, hingga template logo hingga besar kecilnya tulisan keterangan yang sangat mirip dengan bukti tranfer asli lainnnya.



Sehingga apabila menerima foto bukti tranfer, Diharuskan mengecek ulang dengan cek Mutasi Rekening setiap saat. Sehingga dapat dilakukan double cross check apakah transaksi tersebut masuk ataupun tidak.


Modus transaksi yang sering terjadi adalah Kelebihan Tranfer dan Melakukan transaksi palsu.


TRANSAKSI KELEBIHAN TRANFER

Biasanya setelah deal antara penjual dan pembeli. si pelaku (calon pembeli) langsung memberikan foto bukti tranfer palsu dengan jumlah yang lebih besar dari nominal transaksi yang sudah di sepakati.


Ketika selang beberapa waktu si pembeli memberitahukan kepada penjual bahwa uang yang di tranfer kelebihan dikarenakan salah ketik dll. Sehingga diharapkan penjual melakukan tranfer balik ke rekening pembeli tsb dengan Selisih nominal transaksi yg sudah di sepakati.


TRANSAKSI PALSU

Biasanya Penipu dengan berkedok menjadi pembeli selalu tidak menanyakan secara detail barang yang ingin dibeli, sehingga selalu cepat dalam bertransaksi melalui chat.


Ciri-Ciri Transaksi Palsu

1. Background di ATM bersama kartunya

Biasanya Capture Transaksi palsu dilakukan di ruang ATM Sehingga dipercaya bahwa transaksi telah dilakukan di ATM tsb.

Modus Transaksi bodong dengan menggunakan bukti tranfer palsu
Contoh Bukti tranfer palsu

2. Chat flow

Biasanya chat dilakukan sangat singkat dan tidak ada pertanyaan yang detail dan langsung memberikan bukti transaksi.

3. Mayoritas Transaksi Beda Bank

Dikarenakan Template dari bukti tranfer yang menggunakan aplikasi kebanyakan adalah yang menggunakan beda bank, dengan menggunakan logo Link, karena template tersebut sangat mudah di duplikasi, meski tidak menutup kemungkinan juga dengan bukti transfer bank yang sama.


SOLUSI DAN TINDAKAN ANTISIPASI

1. Selalu Cek Mutasi

Dengan melakukan cek mutasi diharapkan dapat membedakan mana yang transaksi yang betul dan palsu.

2. Menggunakan Virtual Account payment gateway

Menggunakan Virtual Account adalah solusi yang paling aman selama ini dikarenakan untuk mendaftar virtual account di bank membutuhkan data korporasi dari pemilik account tsb dan terdapatnya automatic notification apabila benar2 transaksi tersebut sudah dilakukan, sehingga tidak diperlukan lagi untuk mengecek mutasi.


Mudah2an artikel ini bisa membantu sesama onlineshopper ya.

48 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commenti


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 120
08 April sd 15 Mei 2024

bottom of page