Hati Hati Penipuan Online Shop

Diperbarui: Okt 5


Buibuuu... Hati2 ya, sekarang banyak sekali modus kejahatan dan penipuan khususnya untuk yang berbelanja online. apalagi dengan menawarkan harga yang tergolong sangat murah sehingga tergiur membeli barang tersebut.


Kami Mendapatkan beberapa Akun palsu dan penipuan dalam menjual produk lampu secara online di Instagram salah satunya adalah @ruanglampu_official yang menjual produk kita dengan mencuri semua foto dan juga testimoni dari Leatique.


Harga yang mereka tawarkan juga tidak masuk akal dari setiap produknya. Kami telah mendapatkan beberapa complain perihal akun tersebut. Oleh karena itu alangkah bijaknya apabila kita berhati hati dalam berbelanja online. Nah Berikut Ciri-cirinya akun penipuan khususnya di instagram :


1. Menyembunyikan Identitas

Sejatinya, setiap orang yang ingin melakukan penipuan selalu menutup-nutupi identitas aslinya. Mulai dari nama, alamat, dan lain sebagainya, yang bersifat memudahkan untuk melakukan pelacakkan.

Tujuannya adalah, tidak lain dan tidak bukan untuk menghilangkan jejak. Sebab, jika suatu saat nanti mereka mulai melancarkan aksinya, maka korbannya tidak akan menemukan si pelaku.

Selain itu, penipu online akan menjawab pendek-pendek dan sekedarnya. Juga memberi kesan bahwa mereka sibuk bekerja, sehingga tidak sempat menjawab.

Penipu akan takut terbongkar kedok penipuannya jika terlalu banyak menjawab pertanyaan.


2. Menolak Cara Pembayaran yg Aman

Biasanya, setiap ingin melakukan penipuan online, penjual tidak bersedia menggunakan cara pembayaran yang aman. Salah satunya adalah menggunakan Jasa dari Marketplace, Baik itu di Tokopedia, Shopee dan juga bukalapak.

karena mereka tidak akan mengirimkan barangnya sehingga dana yang di tranfer oleh pembeli masih di pihak marketplace.


3. Menjual Barang dengan Harga yg Murah

Hati-hati jika penjual langsung terima saja jika barangnya ditawar rendah. Karena mereka memang tidak punya barangnya.

Jadi, jika kamu mendapat penawaran harga yang sangat murah dan tidak masuk akal, segera hentikan percakapan dan gunakan akal sehat kamu.


4. Memberikan Informasi yg tidak jelas

Penjual yang benar tentu tahu banyak tentang barang yang dijualnya secara detail. Tetapi penipu tentu akan kesulitan untuk menjawab pertanyaan yang teknis dan detail, bahkan sangat minim sekali berinteraksi.

Hal tersebut karena mereka memang tidak punya barang yang diiklankan.


5. Mengunci Komentar pada kolom posting

Pada dasarnya setiap penjual yang menipu akan mengunci kolom komentarnya sehingga tidak ada yang berkomentar negatif di akunnya tersebut.


So, Hati2 ya buibuuu jangan sampai tertipu dengan harga dan juga penjual yang tidak jelas.


Untuk langkah2 mengecek akun instagram yang authentic kalian bisa klik link dibawah ini


https://www.leatique.com/post/cara-melihat-akun-instagram-onlineshop-yang-authentic


Mari berbelanja aman ya buibuuu.....

250 tampilan
whatsapp pink.png