top of page

Ide Ruang Bawah Tangga Rumah Minimalis yang Menarik


Di dalam rumah kecil minimalis, setiap inci yang ada sangatlah penting. Memaksimalkan sudut-sudut tertentu adalah salah satu cara untuk membuatnya terlihat lebih luas.


Dalam hal ini, Anda harus menerapkan ide rumah kreatif ke setiap sudut hunian. Salah satu caranya adalah dengan membuat ruang bawah tangga rumah minimalis.

Ada beberapa cara untuk memanfaatkan ruang bawah tangga rumah minimalis yang bisa dilakukan.



Misalnya, Anda bisa mengubahnya menjadi tempat menyimpan tumbuhan, televisi, atau tempat membaca di bawah tangga.

Bagi yang sudah bertanya-tanya, artikel ini akan membahas beberapa inspirasi kreatif untuk menata ruang bawah tangga rumah minimalis.

Ide Kreatif untuk Ruang Bawah Tangga Rumah Minimalis


  • Taman Mini di Dalam Rumah



Jika Anda memiliki koleksi tanaman dalam ruangan, maka Anda bisa menata area di bawah tangga agar menjadi taman mini yang cantik di dalam rumah.

Seperti yang terlihat pada contoh di atas, Anda dapat memakai rak built-in sebagai tempat menaruh tanaman



Ide ruang bawah tangga rumah minimalis yang satu ini dapat mengubah sudut yang jarang tersentuh menjadi area hijau yang indah.

Pemanfaatan ruang bawah tangga ini sangatlah cocok dengan rumah tingkat minimalis dengan green concept.



  • Perpustakaan Mini di Rumah


Ini adalah contoh terbaik ketika rak built-in digunakan untuk menyimpan buku-buku koleksi di area bawah tangga. Berangkat dari ide tersebut, Anda juga dapat membuat perpustakaan mini yang mengesankan di bawah tangga.


Tak hanya rak buku minimalis, Anda juga dapat membuat sudut yang nyaman untuk ruang membaca buku. Tambahkan bantal empuk dan lampu, agar tercipta ruang baca di rumah yang cozy. Jika memungkinkan, Anda juga dapat membuat ruang penyimpanan buku di bawah tempat duduk.



  • Ruang Kerja di Rumah



Ingin punya ruang kerja sendiri di rumah, tapi ruang yang ada cukup terbatas?

Jika iya, maka desain ruang bawah tangga ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat ruang kerja di rumah minimalis.


Anda bisa memasang meja papan agar selaras dengan bagian tangga, kemudian membeli kursi yang nyaman untuk dipakai bekerja sehari-hari.

Ada pula desain ruang bawah tangga lainnya untuk Anda yang sedang bekerja dari rumah atau WFH.



Sedikit mirip seperti desain di atas, Anda bisa memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga untuk menjadi tempat kerja yang ideal.

Sebagai tambahan, Anda bisa menambah lampu belajar dan meja dengan rak penyimpanan minimalis.


Selain menjadi ruang kerja di rumah, Anda juga dapat memakai area ini sebagai sudut baca yang nyaman.


  • Tempat Pajangan Koleksi



Jika Anda suka memajang barang-barang koleksi, entah itu action figure atau benda lainnya, maka desain ruang bawah tangga rumah minimalis ini dapat Anda sontek.

Tanpa harus memakan banyak ruang, Anda dapat menaruh barang-barang kesayangan di dalam rak yang terletak di bawah tangga.


Salah satu contohnya dapat terlihat di atas, di mana ruang bawah tangga dimanfaatkan menjadi tempat untuk memajang koleksi sepatu.



  • Ruang Serba Guna


Ketika tinggal di dalam rumah minimalis, hal pertama yang mungkin terlintas di dalam benak Anda adalah bagaimana caranya untuk memaksimalkan setiap sudut di rumah. Penciptaan ruang serba guna di bagian tengah rumah adalah salah satu caranya. Selain di tengah rumah, Anda juga dapat membuatnya di bawah tangga.


Dengan memanfaatkan ruang bawah tangga, Anda dapat menciptakan ruang kerja, tempat penyimpanan barang, kabinet terbuka, sampai tempat istirahat dengan tidur lipat. Sudut ini sangatlah nyaman untuk dipakai beristirahat, terutama jika Anda sering mengambil waktu rehat sejenak di tengah waktu bekerja.


  • Ruang Bermain Anak



Mencari cukup ruang untuk menyimpan mainan anak-anak adalah tantangan tersendiri. Itulah sebabnya, mengapa ide ruang bawah tangga rumah minimalis ini sangatlah brilian.

Selain menjadi tempat penyimpanan mainan, sudut ini pun dapat disulap menjadi ruang bermain anak yang nyaman sekaligus aman.


  • Ruang Binatu di Bawah Tangga


Alih-alih mencurahkan satu ruangan penuh sebagai tempat mencuci pakaian, mengapa tidak meletakkannya di bawah tangga saja?

Seperti contoh di atas, Anda dapat menaruh mesin cuci dan pengering baju di ruang bawah tangga.


Selain membuat ruang cuci atau binatu di bawah tangga, Anda juga dapat membuatnya di basement serta ruang bawah tanah.

Memiliki rumah dengan basement memang menarik. Meski begitu, model hunian ini juga mempunyai kekurangan serta kelebihannya tersendiri.



  • Tempat Menaruh TV



Bingung mencari sudut yang pas untuk meletakkan TV di dalam rumah kecil minimalis? Coba manfaatkan area bawah tangga sebagai tempat menaruh TV.

Selain hemat ruang, cara ini ampuh bagi Anda yang ingin membuat ruang keluarga atau ruang tamu bawah tangga dengan TV yang berada tepat di depan sofa.


Jangan lupa juga untuk menambahkan dekorasi ruang TV yang tepat, agar ruangan terasa lebih hangat dan nyaman.


Selain menjadi tempat menaruh TV, Anda juga dapat memanfaatkan ruang bawah tangga rumah minimalis sebagai area penyimpanan tambahan.

Dengan furniture multifungsi, Anda dapat meletakkan barang-barang seperti ransel, sepatu, buku, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.



  • Pembatas Ruangan


Terakhir, ada ide kreatif untuk menyulap ruang bawah tangga menjadi pembatas ruangan. Ide ini sangat cocok diterapkan ke dalam konsep rumah terbuka tanpa sekat.



Manfaatkan semua sisi tangga untuk membuat sekat rumah minimalis, sekaligus menjadikannya titik fokus yang memisahkan ruangan dengan fungsi yang berbeda.

Itu tadi sembilan ide pemanfaatan ruang bawah tangga yang dapat disontek dengan mudah.


Semoga panduan di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat!

Buat kalian yang lagi cari lampu untuk di area tangga yuk cek katalog Leatique sekarang banyak pilihan untuk lampu-lampu void yang cantik.

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

ความคิดเห็น


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 120
08 April sd 15 Mei 2024

bottom of page