top of page

Jenis-Jenis Basement

Haloo Bu Ibu


Basement menjadi salah satu area yang tidak kebanyakan rumah memilikinya, terutama di rumah-rumah Indonesia. Namun buat kamu yang pengen buat basement rumah jangan ragu yaa.


Selain akan membuat nilai rumah kamu jadi lebih tinggi, basement juga memiliki banyak manfaat. Apalagi buat kamu yang pengen punya ruangan khusus, kamu bisa membuatnya di basement. Berikut ini beberapa jenis basement yang bisa kamu buat.



Walk Up Basement


Basement jenis ini adalah ruang bawah tanah yang memiliki akses keluar masuk sendiri yang dilengkapi pintu yang terpisah dari bagian dalam rumah dan juga tangga di depannya (untuk naik ke atas jalan atau halaman rumah).


Sehingga penghuni rumah atau bangunan yang memiliki basement jenis ini bisa langsung masuk ke basement tanpa harus melewati tangga yang ada di dalam rumah. Akses keluar masuk yang dimiliki tersebut, secara langsung menghadirkan keuntungan sendiri untuk pemilik bangunan karena bisa memanfaatkan basement untuk disewakan pada orang lain.


Karena ada akses keluar masuk khusus tersebut, walk up basement ini juga memiliki kekurangan pada faktor keamanan. Di mana sangat mungkin ada pencuri yang masuk basement tanpa diketahui penghuni rumah. Begitupun pada bagian tangganya yang berada di luar rumah, sangat rentan mengalami kerusakan karena terpapar udara luar, hujan dan terik matahari langsung secara terus menerus.



Walk Out Basement


Tidak berbeda jauh walk out basement ini mirip dengan walk up basement, yakni sama-sama memiliki akses keluar langsung dari bangunan, selain akses tangga yang ada di dalam rumah. Bedanya, pada walk out basement ini akses keluar masuk langsung hanya mengandalkan pintu, tanpa adanya tangga ke atas seperti pada walk up basement.



Pintu keluar tanpa perlu adanya tangga itu memungkinkan karena ada bagian basement yang sejajar dengan tanah. Sebab basement jenis walk out ini umumnya berada pada gedung atau rumah yang dibangun pada bidang miring. Seperti rumah yang ada di lereng gunung atau di sisi bukit.


Secara keuntungan dan kerugian, walk out basement ini mirip juga dengan yang ada pada walk up basement. Hanya saja keuntungan lainnya, karena tidak memiliki tangga di bagian luar, tidak ada bagian yang rentan rusak akibat pengaruh cuaca.




Look Out Basement


Tidak seperti dua jenis basement di atas, Look out basement ini sama sekali tidak memiliki akses keluar masuk langsung, selain tangga yang ada di dalam rumah. Sesuai namanya, basement jenis ini hanya memungkinkan penghuninya untuk melihat langsung ke luar, ketika berada di dalam basement.



Hal itu terjadi karena look out basement dibangun tidak sepenuhnya berada di dalam tanah. Sehingga masih ada sedikit bagian atas dinding yang sejajar dengan tanah di luar, dan bisa dipasangi jendela. Selain bisa digunakan untuk melihat keluar, adanya jendela tersebut menghadirkan keuntungan bisa terjaganya kualitas cahaya, dan juga sirkulasi udara basement tersebut secara baik. Karena tidak ada pintu di bagian luarnya, keamanan basement jenis ini juga lebih terjamin.



Cellar


Cellar bisa dikatakan adalah sebuah basement yang pembangunanya secara khusus ditujukan sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman. Misalnya menyimpan minuman beralkohol seperti wine atau anggur.


Dengan tujuan tersebut, cellar biasanya dibangun khusus sebagai ruangan bawah tanah yang memiliki suhu terjaga sepanjang tahun. Selain itu secara desain, Cellar juga umumnya relatif minimalis, dengan lantai yang terbuat dari tanah padat, dan memiliki rak-rak penyimpanan yang menempel pada bagian dinding-dindingnya.



Buat kamu yang cari dekorasi rumah, bisa langsung lihat katalog produk kami yaa. Selain lampu, Leaitique juga punya cermin, basin, wall deco, shower, knob dan lainnya. Untuk detail nya langsung chat admin kami.

7 tampilan0 komentar

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 120
08 April sd 15 Mei 2024

bottom of page