top of page

Kenapa harus Packing kayu?

Hai guys... kali ini aku akan kasih tau kenapa ketika kalian berbelanja itu lebih aman untuk menggunakan packing kayu, Yuk di simak guys...

Packing salah satu hal penting saat bertransaksi online menggunakan jasa pengiriman. Apapun barang yang akan kamu kirimkan barang tersebut perlu kamu packing. Ada beberapa jenis packing dan kali ini saya akan membahas kelebihan packing kayu, kertas, dan plastik.

Dari ketiga packing atau kemasan di atas packing kertas dan plastik lah yang paling sering kita jumpai. Kemasan kertas biasanya digunakan untuk membungkus dokumen dan benda-benda tipis seperti pakaian. Atau juga bisa untuk membungkus benda padat jika berupa box atau kardus.

Sedangkan packing plastik bisa digunakan untuk membungkus semua benda asalkan bisa dibungkus dengan plastik. Plastik yang elastis hampir bisa digunakan untuk membungkus segala benda mulai dari ukuran kecil hingga yang besar.


Bagaimana dengan packing kayu? kelebihan packing kayu sebanding dengan kerumitan dan biaya yang dikeluarkan. Kelebihan dari masing-masing kemasan yang paling utama pada tingkat keamanannya. Packing kayu jelas lebih aman dari pada packing plastik dan kertas.

Selain rumit modal yang dibutuhkan untuk membuat packing kayu tidak sedikit. Oleh karena itu tidak semua barang disarankan menggunakan packing yang satu ini karena jadinya tidak value for money. Selain packing kayu, saya juga akan menjelaskan kelebihan packing kertas dan kelebihan packing plastik.

Supaya lebih jelas langsung saja saya jelaskan kelebihannya dibawah ini.





Kelebihan Packing Kayu

  • Sangat kuat, awet, dan lebih aman

  • Mudah diproduksi sendiri

  • Ramah lingkungan


Kekurangan Packing Kayu

  • Mahal

  • Tidak bisa menahan air

  • Berat

  • Kurang menarik


Barang yang Wajib Memakai Packing Kayu

Ada beberapa jenis barang yang wajib menggunakan packing kayu dalam proses pengiriman agar tidak rusak sampai tempat tujuan. Berikut daftarnya.


1. Barang Pecah Belah

Barang pecah belah seperti piring, gelas, vas bunga, serta lainnya yang terbuat dari kaca atau porselen sebaiknya menggunakan packing kayu. Pasalnya, barang pecah belah sangat tidak aman jika dikirim menggunakan packing biasa. Barang berisiko pecah atau rusak di jalan selama proses pengiriman.

Jadi jika Anda hendak mengirimkan paket yang berisi barang pecah belah melalui ekspedisi, jangan lupa tambahkan packing kayu. Bubble wrap saja tidak cukup untuk melindungi benda tersebut dari berbagai risiko.


2. Benda Cair

Selanjutnya, benda lain yang wajib menggunakan packing kayu pada saat proses ekspedisi adalah benda cair. Benda cair memiliki risiko yang besar untuk tumpah di perjalanan, terlebih jika tidak dikemas dengan baik.

Ketika benda cair tumpah, maka dapat merusak barang ekspedisi lainnya. Tentu saja banyak pihak yang akan dirugikan dalam hal ini.


3. Elektronik


Barang elektronik seperti televisi, kulkas, HP, dan sejenisnya juga wajib menggunakan packing kayu selama masa pengiriman. Barang elektronik sangat rentan terhadap guncangan sehingga berisiko rusak.

Sebaiknya barang elektronik dibungkus dengan kardus terlebih dahulu baru kemudian di packing menggunakan kayu. Cara ini merupakan cara yang paling aman untuk mengirimkan paket elektronik melalui ekspedisi.


4. Makanan

Makanan basah juga merupakan jenis barang yang sebaiknya dikemas menggunakan packing kayu. Makanan rentan rusak atau hancur di perjalanan akibat tumpukan atau guncangan. Oleh karena itu, packing kayu diperlukan untuk mengemas makanan.


5. Hiasan

Jenis barang lain yang wajib menggunakan packing kayu adalah hiasandinding seperti lukisan, pigura, lampu dan sejenisnya. Barang-barang tersebut juga rentan rusak atau pecah di perjalanan. Nah, risiko tersebut bisa diminimalisir dengan menggunakan bubble wrap dan packing kayu.



Supaya produk atau barang lebih aman diperlukan packing tambahan seperti Bubble Wrap. Selain itu kemasan kertas banyak variannya tidak hanya kertas biasa karena kamu juga bisa menggunakan amplop. Dan untuk kemasan atau packing plastik kamu bisa menggunakan plastik kresek.

Jika kamu ingin mengirim barang kamu bisa sesuaikan jenis packing dengan barang yang ingin kamu kirim menggunakan jasa pengiriman. Sedangkan jika kamu membeli barang secara online selagi barang tersebut tidak mudah rusak dan tidak terlalu mahal serahkan saya proses packing kepada penjual.

Karena penjual tau harus menggunakan packing apa.



Nah, segitu dulu ya guys pembahasan tentang packing kayu nya semoga bermanfaat guys... Buat kamu yang mau berbelanja Online Home decor dengan aman yang tentunya Kualitas terjamin, Langsung aja kunjungi Leatique ya guys...

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua