top of page

Yuk Mengenal Tipe Lampu dan Jenis-jenisnya

Diperbarui: 22 Jan 2022

Diera Moderen seperti sekarang, lampu sudah menjadi bagian penting bagi kehidupan manusia. dan untuk kegunaanya sangat beragam, tidak hanya untuk sebagai alat penerang saja. Ada yang mengunakan lampu sebagai hiasan rumah, taman kota, dan lain lain. Berikut adalah jenis jenis yang sudah umun digunakan kita bahs satu persatu ya.


1.Lampu Pijar (Incandescent Lamp)

lampu ini merupakan lampu pertama yang menggunakan energi lisrik. Cara kerja lampu ini yaitu, listrik akan menjalar melalui filamen tungsten, kemudian berpijar dan menghasilkan panas juga. Warna yang dikeluarkan lampu ini yaitu kuning terang, dan sangat hangat. Untuk harganyapun cukup murah, namun lampu ini memiliki beberapa kekurangan seperti filamen mudah putus, boros energi, dan panas yang diberikan cukup besar. Tapi masih banyak orang yang menggunakan lampu pijar ini, karena warna kuning yang dikluarkan oleh lampu ini bisa membuat suasana klasik dan hangat.




2.Lampu Neon

Lampu neon atau Tubular Lamp (TL) lampu ini umumnya berbentuk tabung. Jenis lampu ini berisi gas yang akan bereaksi dengan lapisan fosfor pada tabung lampu. Waktu dialiri listrik, reaksi antara listrik dengan lapisan fosfor akan menghasilkan cahaya yang terang. Karena cahayanya yang terang, lampu ini sering menjadi pilhan utama untuk penerang ruangan.

Berikut beberapa keunggulan lampu ini dibanding dengan lampu pijar. Yang pertama lampu neon ini lenih hemat energi, cahaya lampu lebih terang, umur lampu lebih panjang, banyak parian warna, dan lain lain.


3.Lampu Neon Kompak

Lampu CFL merupakan pengembangan dari jenis lampu neon namun ukuranya yang lebih kecil. Lampu CFL juga dikenal dengan lampu yang hemat energi (LHE).

lampu ini memiliki keunggulan sama seperti lampu neon biasa, dan lampu ini terdiri dari bermacam macam bentuk. Ada yang berbentuk bulat, lurus memanjang, spiral, dan bulat panjang.




4.Lampu Halogen

Lampu ini sama seperti lampu pijar memiliki filamen tungsten. Tapi, lampu halogen dikembangkan lagi menggunakan gas inert, dan sejumlah kecil halogen (bromin atau yodium).

Hal ini menyebabkan lampu lebih awet dan lebih terang di banding lampu pijar.

Lampu halogen mamiliki dua warna yaitu kuning, dan putih. Sangat cocok untuk digunakan ditaman, kolam renang, kolam ikan dan lain lain.



5.High intensity discharge lamp

Lampu HID, lampu ini memiliki prinsip kerja yang hampir sama dengan lampu pijar.

Bedanya, tabung diisi dengan logam khusus dan gas. Selain itu butuh peralatan pendukung seperti starter (pemicu listrik agar lampu menyala) dan ballast (pengatur jumlah listrik yang masuk ke lampu). Keunggulan dari jenis lampu HID mampu memancarkan cahaya yang sangat terang dan intensitasnya sangat tinggi, sehingga banyak digunakan untuk area yang luas seperti lapangan ataupun jalan raya.


6.Lampu Hybrid Halogen CFL

Lampu ini hasil gabungan dari beberapa jenis teknologi lampu: yaitu lampu pijar, CFL, dan halogen.Untuk hasilnyapun lampu jadi lebih terang, tahan lama dana aman.


7.Lampu Light Emitting Diode (LED)

Jenis lampu ini tersusun dari komponen listrik yang menghasilkan cahaya atau dikenal dengan nama dioda.

Saat ini lampu berteknologi LED semakin banyak digunakan dan mulai menggantikan lampu pijar, dan lampu merkuri.

Untuk harganyapun jauh lebih mahal daripada lampu pijar, namun keunggulanya oun jauh lebih baik.

Berikut adalah keunggulan lampu LED :

Umur pakai yang panjang, bisa sampai 20 tahun

Sangat hemat energi

Cahaya yang dihasilkan sangat baik

Warna beragam

Sangat ramah lingkungan

Tidak menghasilkan panas berlebih












8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 121
30 Mei sd 8 Juli 2024

bottom of page