top of page

Lampu-lampu yang Tepat Untuk Setiap Ruangan

Setiap ruangan pasti memiliki fungsi dan kesan yang berbeda dengan ruangan lainnya. Seperti ruangan keluarga yang dibuat hangat untuk berkumpul dan kamar tidur yang dibuat setenang dan senyaman mungkin sebagai tempat istirahat.


Penggunaan lampu pada setiap ruangan pun akan berbeda untuk menyesuaikan dengan fungsinya. Karena itu penting bagi kita untuk bisa menggunakan lampu sesuai fungsi ruangan tersebut agar bisa digunakan sacara efektif. Sebelum membahas lampu berdasarkan ruangan dan fungsinya mari simak beberapa jenis lampu yang perlu kamu ketahui.





1. Lampu LED


Jenis lampu yang menjadi primadona masyarakat saat ini tekenal dengan daya tahannya yang lama, yaitu 20-25 tahun. Selain itu lampu LED pun menghemat energi 90% karena watt nya yang kecil.


Dengan segala keunggulannya lampu LED terbilang relatif mahal, namun jika dihitung kembali kamu akan lebih menghematnya karena tidak perlu membeli lampu tiap tahun.



2. Lampu Pijar


Jenis lampu yang digunakan sejak awal kemunculan lampu ini sudah sangat banyak digunakan. Lampu yang diciptakan oleh Thomas Alva Edison ini memiliki usia yang cukup pendek atau cepat mati. Kamu harus mengganti lampu tersebut sekitar 3-4 bulan sekali, namun harganya terhitung relatif murah.



3. Lampu TL


Lampu yang biasa disebut dengan lampu pendar atau fluorescent ini cukup terang dan hemat energi apabila dengan bandingkan dengan lampu pijar.


Jika kamu membeli lampu TL dengan kualitas bagus dan harga yang cukup mahal makan daya tahannya bisa mencapai 10 tahun. Sedangkan untuk lampu TL standar memiliku umur sampai 6 bulan saja.



4. Lampu Halogen


Lampu yang memancarkan warna hampir sama dengan lampu pijar ini biasanya digunakan untuk diluar ruangan. Lampu ini biasanya akan diletakkan di luar rumah seperti di kolam ikan, taman, patung ataupun dekorasi di luar rumah lainnya.


Bukan hanya cahayanya saja yang lebih terang, lampu halogen juga menciptakan suasana lebih dramatis dan cocok untuk dijadikan lampu hias atau lampu sorot.





Setelah mengetahui beberapa jenis lampu diatas maka kita masuk kepada point utama yaitu, lampu-lampu yang cocok untuk ruangan di rumahmu.



1. Ruang Tamu


Untuk ruang tamu sebagai ruang sentral dari rumah gunakanlah lampu dengan jenis general lighting dan letakkan di tengah ruang tamu. Jika ruang tamu kamu berukuran cukup luas maka kamu bisa menambahkan lampu dinding di beberapa titik.


General lighting sendiri adalah jenis penerang yang bertujan agar seluruh ruangan terlihat jelas. Dengan begini berbincang-bincang di ruang tamu akan terasa lebih hangat dan fresh.



2. Ruang Keluarga


Ruangan keluarga menjadi bagian amat penting bagi penghuni rumah karena disini menjadi titik kumpul anggota keluarga untuk saling berbagai, bersantai dan mendekatkan diri satu sama lain. Dengan fungsi tersebut penerangan yang cocok adalah dengan teknik indirect lighting.


Indirect lighting atau pencahayaan tidak langsung merupakan teknik tata lampu tersembungi sehingga hanya memanfaatkan biasnya saja. Meskipun tersembunyi indirect lighting mampu memancarkah cahaya yang merata tanpa membuat silau mata. Selain itu penggunaan indirect lighting juga membangun suasana lebih hangat dan harmonis.



3. Dapur


Kegiatan memasak sangat penting bagi ibu atapun anggota keluarga yang ingin membuat makanan untuk keluarga. Agar lebih nyaman dalam memasak maka dibutuhkan penerangan yang baik. Untuk jenis penerangan yang cocok di dapur adalah general lighting berupa downlight.


Lampu downlight tidak hanya memaksimalkan pencahayaan, tapi membuat ruang tampak lebih luas. Selain itu lampu jenis fluorescent di sepanjang dinding bisa jadi alternatif yang bisa kamu coba.



4. Kamar Tidur


Dengan fungsinya sebagai tempat beristirahat kamar tidur biasanya menjadi tempat kita melakukan hobi, seperti membaca, menulis, menggambar atau lainnya. Untuk menciptakan suasana cozy pada kamar maka gunakanlah lampu dengan pencahayaan kekuningan.


Dengan menggunakan lampu bercahaya kuning memberikan efek ketenangan. Setelah kamu menjalani aktivasi sehari penuh bisa memberikan rasa nyaman dan tenang dengan menghabiskan waktu di dalam kamar.





5. Kamar Mandi


Lampu yang biasa digunakan pada kamar mandi adalah general lighting. Tapi jika kamu mau mencoba hal lain, kamu bisa mengkombinasikannya dengan indirect lighting untuk memberi efek visual yang menarik.


Kamu bisa meletakkan lampu tersembunyi di belakan cermin agar cahaya bisa membias. Dengan pencahyaan tersebut kamar mandimu akan nampak lebih estestik.






15 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 122
15 Juli - 25 Agustus 
2024

bottom of page