top of page

Macam-Macam Jendela Rumah

Haloo Bu Ibu...


Dalam suatu rumah penting untuk memiliki jendela yaa, karena jendela menjadi jalan masuknya cahaya dan sirkulasi udara di rumah. Selain dari fungsi tersebut, jendela harus bisa menjadi nilai estetik di rumah kamu.


Sangat disayangkan jika kamu hanya menggunakan jendela yang biasa saja, padahal kamu ingin membuat rumah kamu terlihat indah dan nyaman. Karena itu buat jendela yang bisa menjadi dekorasi rumah kamu. Berikut beberapa jenis jendela yang bisa kamu gunakan.



Jendela Nako


Jendela Nako atau yang banyak dikenal dengan sebutan jendela krepkay. Sebutan ini disangkutkan dengan bunyi krepyak saat dibuka dari kaca dan besi yang saling bersinggungan.


Jendela ini sempat populer di tahun 90-an dan akan membuat kesan vintage pada rumah. Jendal nako sangat cocok untuk digunakan dipemukiman yang padat dengan posisi berhimpitan antar tetangga. Karena tidak akan menyisakan banyak jarak pada rumah sebelah.


Model jendela ini jga banyak digunakan pada bangunan yang terlihat besar, karena akan membantu sirkulasi udara lebih cepat dan nyaman.


Untuk keamanan jendela nako cukup baik, karena sulit dicongkel. Akan tetapi kamu harus sering melakukan pengecekan pada frame kaca yang terkadang longgar dan berkarat. Jika sudah muncul karat pada besi bukaannya akan terasa sulit untuk di buka-tutup.



Jendela Pita


Jendela pita adalah jendela kaca horizontal yang cukup panjang. Jendela model ini biasanya terdapat di area perkantoran. Di rumah jendela pita sangat cocok dijadikan backsplash dapur, sehingga asap masakan bisa langsung keluar ruangan.


Jendela ini akan tampak menarik bila ditempatkan pada ruangan yang berukuran besar. Kelemahan jendel ini relatif sulit diberi gorden, sehingga tidak mereduksi cahaya yang masuk. Jendela ini menggunakan sistem geser sehingga udara yang masuk bisa di atur, namun kebanyakan orang menggunakan jendela pita ini dengan kaca mati.



Jendela Swing atau Casement


Jendela swing memiliki bentuk seperti pintu rumah, terbuka keluar. Jendela ini sangat cocok untuk area yang menghadap ke halaman. Untuk memaksimalkan pencahayaan yang masuk, perpaduan jendela kayu dengan menggunakan kaca lebih efektif. Karena jendela dengan struktur kayu akan memperkuat dan menjadi rangka untuk meletakkan kaca.



Jendela Kaca Mati


Jendela kaca mati ialah kaca yang dipasang 'mati' pada kusen, sehingga tidak bisa dibuka-tutup. Fungisnya hanya untuk pencahayaan alamai pada ruangan. Biasanya jendela ini sebagai pendamping jendela lain di rumah. Jendela kaca mati cocok untuk rumah modern yang menggunakan AC sebagai pengatur udara dalam ruangan.


Kelemahan dari jendela kaca mati ini adalah ketika terjadinya pemadaman listrik, karena AC yang mati dan juga tidak bisanya membuka jendela untuk sirkulasi udara. Sebaiknya untuk di rumah agar tidak di sarankan memakai jendela kaca mati.



Hung Window


Jenis jendela ini jarang digunakan pada rumah-rumah di Indonesia. Jendela ini memiliki bentuk yang unik, dalam 1 kusen terdapat 2 daun jendela yang disusun secara vertika (tumpang-tindih). Jendela ini bisa dibuka secara sliding/geser dan dibuka keluar. Hati-hati saat memasukan kepala kamu di jendela ini. Pastikan agar sudah membukanya dengan baik, agar jendela yang ditambatkan ke atas tidak berger secara tiba-tiba dan mengenai kepala kamu.




Jendela Sliding


Jendela satu ini memiliki banyak kelebihannya yaitu tidak boros tempat, sangat praktis, mudah untuk di bersihkannya serta mampu menyalurkan udara dan cahaya dengan baik. Kamu pun bisa memasang gorden atau kasa nyamuk di jendela ini. Sayangnya karena jendela ini dibuka dengan digeser, kamu tidak bisa membuka keduanya secara bersamaan.


Model jendela ini sangat cocok untuk rumah yang berapatan dengan tetangga.



Jendela Bay


Seperti namanya, jendela bay ini menjorok ke depan, keluar dari garis dinding bangunan. Jendela ini sangat cocok untuk rumah yang bertema mediterania atau klasik eropa. Jendela bay bisa dibuat menjorok keluar secara melengkung atau kotak.


Selain tampak klasik dan mewah, bagian interior jendela bay bisa dimanfaatkan untuk window seating sebagai area membaca atau bersantai.



Buat kamu yang cari dekorasi rumah, bisa langsung lihat katalog produk kami yaa. Selain lampu, Leaitique juga punya cermin, basin, wall deco, shower, knob dan lainnya. Untuk detail nya langsung chat admin kami.



5 tampilan0 komentar

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 122
15 Juli - 25 Agustus 
2024

bottom of page