top of page

Manfaat Basement Rumah

Haloo Bu Ibu...


Basement yang kita ketahui hanya berada di mall yang digunakan sebagai lahan parkir. Tapi pernahkah kamu berpikir untuk membuat basement di rumah kamu?


Basement sebenarnya bisa kamu buat di area rumah, meskipun jarang rumah di Indonesia yang memiliki basement. Tapi dengan adanya basement ini memiliki banyak manfaat. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai basement, mulai dari pengertian dan manfaatnya.



Pengertian Basement


Basement adalah ruang bawah tanah. Namun dalam pembangunannya, basement mungkin saja bukan hanya terdiri dari satu ruangan. Melainkan terdiri dari beberapa ruangan di satu lantai.


Oleh karena itu, secara definisi basement bisa dimaknai sebagai bagian bagunan atau lantai yang letaknya berada di bawah permukaan tanah atau lantai dasar sebuah bangunan (ground floor).


Seperti halnya lantai yang dibangun secara vertikal ke atas yang bisa terdiri dari beberapa lantai. Basement bukan hanya bisa dibangun dalam satu lantai saja, tetapi juga hingga beberapa lantai ke bawah.


Penggunaan basement ini di dasari karena keterbatasan biaya dan untuk mengoptimalkan penggunaan lahan yang terbatas dengan maksimal, mengingat harga tanah yang semakin mahal.



Fungsi Basement



Ruang Kerja


Basement juga bisa digunakan sebagai ruang kerja. Khususnya basement yang ada di rumah, seperti saat ramainya pandemi Covid-19 banyak orang bekerja saecara work from home (WFH). Dengan lokasinya yang berada di bawah tanah, ruang kerja yang ada di basement relatif akan lebih tenang dan akan membuat kamu lebih nyaman saat bekerja.


Selain ruang kerja biasa, tenangnya basement juga bisa dimanfaatkan untuk membangun ruang kerja seniman atau studio musik, studio foto ataupun ruang laboratorium buat para peneliti atau ilmuan.



Gudang


Baik di gedung ataupun di rumah, basement juga bisa dimanfaatkan sebagai gudang atau tempat penyimpanan barang-barang yang tak terpakai. Di gedung, gudang pada basement bisa dimanfaatkan untuk menyimpan benda-benda dalam ukuran besar yang mungkin tidak bisa disimpan di gudang kantor yang berlokasi di gedung tersebut atapun sebagai tempat penyimpanan sementara, sebelum benda-benda yang sudah tidak digunakan itu dibuang.


Sementara di rumah, dengan memanfaatkan basement sebagai gudang, membuat barang-barang tak terpakai bisa memiliki tempat tersendiri untuk disimpan. Dengan begitu, rumah akan tetap terlihat rapi, dan ketika barang-barang tersebut suatu saat ingin dipakai, akan lebih mudah untuk ditemukan lagi pada tempat penyimpanannya.



Ruang Utilitas


Basement juga bisa kamu gunakan sebagai ruang utilitas. Mulai dari utilitas seperti MEP (Mekanikal Elektrikal Plambing), Power Supply, genset, panel pemutus atau kotak sekering, ruang mesin, tempat menyimpan pemanas air, sistem pendingin udara, hingga titik distribusi kabel bangunan.


Dengan menempatkan bagian utilitas penting tersebut di basement, secara pengelolaan akan relatif lebih mudah. Begitupun dalam hal keamanan, sebab bagian utilitas tersebut akan cenderung jauh dari jangkauan aktivitas para penghuni gedung atau rumah.



Tempat Parkir


Di gedung-gedung, umumnya basement digunakan sebagai tempat parkir kendaraan, baik mobil ataupun motor. Basement memang merupakan solusi terbaik untuk bisa mendapatkan kapasitas parkir kendaraan yang lebih banyak. Jika dibandingkan hanya mengandalkan area parkir yang ada di halaman depan dan belakang gedung yang memiliki keterbatasan ruang.


Dengan posisinya yang berada di bawah tanah, keberadaan parkiran di basement secara langsung juga bisa menjaga nilai estetika gedung tersebut. Karena dalam keadaan ramai dan tak teratur, parkiran kendaraan yang tersebut tak akan terlihat dari luar.


Selain itu, area parkir di basement akan melindungi kendaraan dari panas terik dan air hujan.



Fungsi Konstruksi


Selain fungsi berdasarkan pemanfaatan ruang, keberadaan basement pada sebuah bangunan juga memiliki fungsi dari segi struktur. Konstruksi basement mempunyai fungsi seperti untuk memperdalam dasar pondasi bangunan, yang akan memberikan pengaruh terhadap kenaikan besarnya daya dukung ultimit tanah dasar.


Selain itu, keberadaan basement juga bisa memperbesar stabilitas konstruksi gedung terhadap gaya geser atau gaya guling yang mungkin terjadi. Karena dalam pembuatan basement akan dilakukan penggalian, jika berat tanah yang digali sama dengan berat bangunan di atasnya, maka secara teoritis tidak terjadi penurunan bangunan.



Buat kamu yang cari dekorasi rumah, bisa langsung lihat katalog produk kami yaa. Selain lampu, Leaitique juga punya cermin, basin, wall deco, shower, knob dan lainnya. Untuk detail nya langsung chat admin kami.


1 tampilan0 komentar

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 122
15 Juli - 25 Agustus 
2024

bottom of page