top of page

Mendekorasi Ruang Bermain Anak

Masa anak-anak adalah masa yang penting untuk membangun karakternya, maka Ibu harus memberikan ruang bagi anak mendapatkan waktu untuk bermain sesuai usianya.


Dikala pandemi ini anak-anak bermain di luar cukup membuat hati ibu berdegup kencang karena ke khawatiran terhadap virus covid-19. Tapi Ibu jangan taku, karena Ibu bisa mensiasati agar anak tidak bermain di luar dengan membuat ruang khusus bermain anak.


Berikut adalah tips untuk mendekorasi ruang khusus bermain untuk anak.



Memilih Cat atau Wallpaper yang Tepat


Warna cat dinding akan berpengaruh besar terhadap suasana suatu ruangan, termasuk di ruang bermain anak. Untuk warna cat disarankan bisa memilih warna cerah seperti kuning, hijau, biru muda atau jingga. Warna ini pun bisa disesuaikan dengan warna kesukaan dari anak.


Kelebihan dari penggunaan warna cat dinding yang cerah akan membuat suasana ruangan lebih hidup dan juga merangsarng kecerdasan dan keaktifan anak, di sisi lain jga warna cerah membuat ruangan nampak lebih luas.



Ventilasi Udara yang Baik


Dimasa anak-anak bermain adalah hal penting, karena itu tempat bermain mereka haruslah nyaman dan sehat. Termasuk pada ruangan bermain anak haruslah memilik ventilasi udara yang baik agar waktu bermain anak berkualitas dan tetap mengasyikan bagi si anak.


Jika ventilasi udara di ruangan tersebut buruk maka akan membuat ruangan menjadi gerah dan tidak nyaman bagi si anak, serta kurang baik bagi kesehatan anak. Jika ruang tempat bermain anak tidak memungkinan untuk membuat ventilasi yang lebih besar, disarankan untuk menggunakan standing fan.



Lemari Penyimpanan Mainan


Ruangan bermain dengan mainan yang berserakan sangat membuat tidak nyaman bagi Ibu ataupun anak. Karena itu buat lemari penyimpanan khusus mainan agar mainan yang telah digunakan bisa di rapihkan kembali.


Ibu bisa menggunakan rak susun sebagai tempat penyimpanan mainan. Rak susun ini bisa disimpan di sudut ruangan atau menempel pada dinding anak sehingga anak bisa bebas bermain di tengah ruangan. Selain agar terlihat rapih lemari penyimpanan ini bisa Ibu fungsikan untuk melatih tanggung jawab pada anak agar setelah bermain mereka harus menyimpan kembali pada tempatnya.



Tidak Menambah Furniture yang Tidak Perlu


Karena dikhususkan ruangan ini sebagai tempat bermain, maka ruangan ini harus membuat sang anak bebas bergerak. Karena itu furniture seperti pajangan guci, pahatan, ataupun hal lainnya yang bisa menghabiskan space di ruangan sebaiknya dihindari.


Ibu cukup menambahkan furniter sepasang meja dan kursi kecil, beserta karpet untuk tempat anak menggambar di ruangan tersebut.


Untuk membuat ruangan terlihat hidup Ibu bisa bermain di cat ataupun wallpaper, sehingga bisa meminimalisir penggunaan dekorasi. Perlu diingat juga, jangan menyimpan benda tajam ataupun benda membahayakan bagi anak saat bermain di ruangan.



Mengatur Pencahayaan


Pencahayaan di dalam ruangan pun harus Ibu perhitungkan. Karena jika pencahayaan kurang baik bisa membuat sang anak kurang nyaman dan gampang bosan. Selain itu penchayaan yang bisa bisa memberikan kesan luas terhadap ruangan tersebut.


Sabagai pencahayaan alami Ibu bisa membuat jendela cukup besar di ruangan bermain anak, ataupun menggunakan lampu warna putih sebagai lampu dominan ruangan.


Ibu pun bisa menambahkan lampu tempel atau lampu meja sebagai tambahan jika malam di ruang bermain anak.






7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentare


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 122
15 Juli - 25 Agustus 
2024

bottom of page