top of page

Menentukan Ukuran Meja Dapur Cor Minimalis yang Ideal


Berapa Ukuran Meja Dapur Cor Minimalis yang Pas dan Ideal?

Saat ini sudah ada banyak meja dapur yang dijual dalam bentuk siap pakai. Namun, masih ada banyak orang yang memilih untuk membuat meja dapur cor di zaman sekarang. Bukan tanpa alasan. Meja dapur cor memiliki daya tahan yang lama dan kokoh dibandingkan meja dapur siap pakai.


Tampilannya juga minimalis serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya. Sebelum mulai membangun, ada baiknya kamu tentukan dulu ukuran meja dapur cor minimalis yang ideal.


Penentuan ukuran meja dapur cor ini perlu dilakukan dengan saksama karena sifatnya permanen dan akan sulit dibongkar jika ukurannya tidak sesuai.


  • Tinggi Meja Dapur Cor Minimalis


Pertama-tama, mulailah menentukan tinggi untuk meja dapur cor minimalis. Tinggi meja dapur cor perlu disesuaikan dengan tinggi orang yang akan menggunakannya. Dengan demikian, kamu dapat memasak dan mencuci senyaman mungkin, tanpa perlu membungkuk atau memakai ganjalan kaki.


Untuk tinggi yang ideal, berikut adalah contoh ukuran meja dapur cor minimalis berdasarkan tinggi normal orang dewasa. Untuk tinggi tubuh 160 cm, maka tinggi bak cuci bisa dibuat 80 cm, sedangkan tinggi area masak 65-70 cm. Ukuran tinggi meja dapur ini sudah final termasuk dengan material pelapis dan semen.


Jadi, ketebalan semen dan material pelapisnya juga perlu dipertimbangkan sebelum mulai pembuatan.


  • Tentukan Juga Lebar Meja yang Ideal

Ketika memasak, mulai dari proses persiapan bahan makan hingga pencucian, ada banyak benda tajam dan berbahaya yang dilibatkan. Sebut saja seperti pisau, kompor, serta wajan dan panci yang panas.


Maka dari itu, ukuran meja dapur cor minimalis membutuhkan lebar yang cukup. Idealnya sekitar 61-66 cm. Dengan ukuran lebar ini, semua perlengkapan masak tidak mudah terjatuh dan kamu memiliki ruang kerja yang luas.


  • Panjang Meja Dapur Cor

Setelah tinggi dan lebar, maka ukuran meja dapur cor minimalis yang perlu dipertimbangkan adalah panjangnya. Sebenarnya tidak ada patokan pasti seberapa panjang meja dapur harus dibuat. Idealnya, panjang meja dapur dibuat mengikuti kondisi masing-masing dapur serta kebutuhan kamu.


Jika suka memasak, tentu meja dapur harus panjang, bahkan kalau memungkinkan dibuat mengikuti panjang dinding. Namun, untuk dapur mungil yang jarang digunakan, pastikan panjangnya aman untuk meletakkan kompor dan peralatan masak lainnya.



Apabila ukuran meja dapur cor masih terasa kurang leluasa setelah disesuaikan dengan luas ruangan, hadirkan saja kabinet dinding yang compact dengan storage memadai. Kabinet ini diperuntukkan dipasang pada dinding bagian atas. Tidak makan tempat, tapi sangat berguna untuk menyimpan seluruh peralatan masak.


  • Bentuk Meja Dapur Cor Minimalis


Selain menentukan ukuran meja dapur cor minimalis yang ideal, kamu juga perlu menentukan bentuk mejanya. Tujuannya agar pergerakan tubuh saat masak jadi lebih efisien. Tanpa harus banyak beranjak dari posisi berdiri, kamu bisa menjangkau seluruh bagian dapur.


Bentuk meja dapur cor ada dalam 3 pilihan, yakni letter L, U, dan I. Meja dapur bentuk letter L cocok untuk dapur memanjang dan menyatu dengan ruang makan. Bentuk letter U paling pas untuk dapur mungil karena seluruh sudut dimanfaatkan dengan baik. Sementara itu, bentuk letter I disarankan untuk hunian mungil atau yang desainnya memanjang.


  • Bangun Saluran dan Pembuangan Air

Selagi menentukan ukuran meja dapur cor minimalis yang ideal, jangan lupakan space untuk saluran dan pembuangan air. Kedua elemen ini penting untuk kenyamanan dan keamanan saat beraktivitas di dapur.


Pilihlah keran air dan pipa berkualitas terbaik agar awet dan tidak perlu diganti dalam jangka panjang. Pipa air bersih biasanya berukuran ½ inch, sedangkan pipa pembuangan air kotor berukuran 2½ inch. Lakukan pengecekan saluran air tersebut sebelum tahap finishing pembuatan meja dapur cor minimalis.


  • Material Pelapis


Terlepas dari ukuranya, kita tidak bisa melupakan nilai estetika dan ketahanan dari meja dapur cor minimalis, bukan? Sebenarnya, meja dapur cor minimalis bisa dibiarkan begitu saja tanpa material pelapis lagi. Suasananya jadi ala industrial.



Akan tetapi, kalau kamu lebih suka desain kitchen set klasik dan ingin dilapisi agar lebih estetik serta makin kuat, kamu bisa pilih material granit atau keramik. Kedua material pelapis meja dapur cor ini memiliki ketahanan tinggi terhadap suhu panas dan air. Pori-porinya juga rapat sehingga tidak mudah menyerap noda makanan.



Keenam cara menentukan ukuran meja dapur cor minimalis tadi hanyalah panduan standar. Untuk mendapatkan ukuran meja dapur cor yang ideal dan presisi, sesuaikan kembali dengan tinggi badan kamu dan ruang yang tersedia. Agar tidak salah ukur, kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan desainer interior terpercaya.


Buat kalian yang masih bingung cari sink atau faucet buat di dapur bisa lihat katalog Leatique yaa banyak produk-produk baru juga.

4 tampilan0 komentar

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 122
15 Juli - 25 Agustus 
2024

bottom of page