top of page

Pentingnya Mencuci Seprai dengan Rutin

Saat menerapan kebiasaan hidup bersih serta sehat, teratur mengganti sprei merupakan perihal yang tidak boleh terlewatkan. Tetapi, tidak cuma perlu diganti, sprei pula wajib dicuci dengan baik serta benar. Tahukah Kamu alasan di baliknya? Tidak bisakah sprei dibersihkan semacam cuci pakaian biasa? Buat ketahui berartinya cuci sprei dan cara melakukannya yang pas, baca pembahasan lengkapnya berikut ini, ya!


Mengapa wajib cuci sprei secara teratur?



Masih ada sebagian orang yang tidak menyadari pentingnya cuci sprei dengan cara yang benar.


Kamu tidak pernah tidur“ sendirian” di kasur


Padahal, sprei yang bersih tidak hanya meningkatkan kenyamanan tidur, tetapi juga menghindarkan Kamu dari bermacam resiko yang mengecam kesehatan. Mau ketahui apa saja bahaya dari sprei yang tidak sering dibersihkan? Berikut penjelasannya.


Kasur ialah salah satu tempat di mana Kamu sangat kerap menghabiskan waktu di rumah. Tidak hanya buat tidur, Kamu bisa jadi pula kerap kali bersantai sambil rebahan di atasnya.


Nah, sadarkah Kamu jika sepanjang ini Kamu tidak pernah“ sendirian” di atas kasur Kamu? Sprei yang terlihat sangat bersih sekali juga dapat jadi sarang debu, tungau, kutu kasur, kuman, dan jamur yang bisa jadi tidak nampak oleh mata telanjang.


Pada orang yang mempunyai alergi, asma, ataupun eksim, seprai yang tidak bersih ini dapat merangsang kambuhnya indikasi. Seprai yang tidak bersih ini pula dapat tingkatkan resiko seorang hadapi folikulitis, ialah peradangan kuman akibat terdapatnya cedera di folikel kulit.


Bayangkan bila Kamu tidak sering cuci sprei dengan metode yang benar. Bakteri yang dibiarkan di sprei begitu saja pastinya hendak berakibat kurang baik pada kesehatan Kamu dalam jangka panjang.



Sel- sel kulit mati menumpuk di kasur


Tidak hanya debu serta mikroorganisme, Kamu bisa jadi tidak menyadari kalau kotoran di atas sprei pula dapat tiba dari badan Kamu sendiri. Menurut Cleveland Clinic, rata- rata manusia membebaskan 1, 5 gr keratinosit alias sel- sel kulit mati dari badannya.


Pertanyaannya, di mana sel- sel kulit mati tersebut hendak menumpuk? Ya, jawabannya merupakan kasur Kamu sendiri. Kemudian, apa bahayanya dari penimbunan sel kulit mati di atas kasur? Nyatanya, sel- sel kulit mati merupakan santapan yang disukai oleh tungau alias kutu debu.


Kutu- kutu tersebut menggemari tempat lembap, paling utama di dasar sprei kasur yang tidak sering dibersihkan. Bila Kamu tercantum orang yang gampang berkeringat dikala tidur di malam hari, keadaan badan lembap tersebut pula jadi tempat yang aman untuk pertumbuhan kutu di kasur. Bila tidak cuci sprei dengan metode yang pas, kutu yang hinggap di tempat tidur bisa merangsang iritasi pada kulit sampai respon alergi.



Sprei baru nyatanya pula sama berbahayanya


Kamu bisa jadi berpikir kalau kebersihan sprei yang baru dibeli telah tentu terjamin. Sementara itu, Kamu belum ketahui apa saja bahan kimia pabrik yang melekat di dalamnya.


Mengutip dari halaman Made Safe, seprai yang dilabeli leluasa kerut umumnya dibuat dengan bonus formaldehida. Bahan kimia ini umumnya digunakan buat mengawetkan suatu.


Tetapi, formaldehida yang ditambahkan pada seprai bermanfaat buat menghindari serat kain mengkerut sehabis dicuci serta bercak meresap lebih dalam di serat kain. Proses akumulasi dicoba dengan menyemprotkan gas formaldehida ke serat kain pada temperatur dekat 150 derajact Celsius. Proses ini mungkin meninggalkan residu formaldehida pada seprai baru.


Cara terbaik buat kurangi residu tersebut, Kamu harus cuci sprei baru saat sebelum digunakan. Bila tidak dicuci, paparan formaldehida dapat menimbulkan iritasi pada orang yang kulitnya sensitif. Pada sebagian permasalahan, residu zat kimia dari sprei baru apalagi dapat menimbulkan permasalahan respirasi, semacam batuk serta mengi.


Tidak hanya itu, formaldehyde pula diklasifikasikan selaku zat kimia yang bertabiat karsinogenik( bisa merangsang kanker) bila terpapar dalam jumlah banyak ataupun berkelanjutan.



10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 120
08 April sd 15 Mei 2024

bottom of page