top of page

Ini Perbedaan Dapur Bersih dan Dapur Kotor

Tentunya di setiap rumah, dapur adalah ruangan yang paling penting. Tak jarang, orang akan merancang dapur dengan sangat detail guna membuat fungsi dapur sesuai dengan kebutuhan. Bahkan ada loh beberapa orang yang menggunakan dua jenis dapur sekaligus dalam satu rumah, yaitu dapur kotor dan dapur bersih.


Sayangnya banyak orang yang memperlakukan dapur kotor dan bersih tidak ada bedanya. Padahal meski mirip, namun kedua dapur ini sangat berbeda lho! baik dari segi fungsi, letak, dan kebutuhan. Apa saja perbedaanya? yuk simak artikel berikut.



Peberdaan Letak Dapur



Hal pertama yang paling mudah disadari pada dapur kotor dan dapur bersih adalah pada letaknya yang berbeda. Umumnya dapur bersih akan dibuat menyatu dengan ruangan lainya seperti ruang makan, ruang keluarga atau ruangan lainya di dalam rumah. Berbeda dengan dapur yang kotor yang umunya dibuat terpisah dari ruangan lain.


Fungsi Dapur



Banyak yang salah sangka bahwa kedua dapur ini memiliki fungsi yang sama. Padahal jika dilihat secara detail, kedua dapur ini memiliki fungsi yang mirip namun berbeda. Pada dapur bersih, biasanya kegiatan memasak yang dilakukan adalah kegiatan masak ringan seperti menghangatkan makanan, memotong buah, kue, menyiapkan minuman atau memasak masakan instan. Oleh karena itu, dapur bersih tidak memilki alat masak yang lengkap, hanya alat-alat memasak dasar saja yang diletakan di dapur ini.


Sedangkan dapur kotor digunakan untuk kegiatan memasak sesungguhnya. Jadi tidak hanya menghangatkan makanan atau memotong buah saja, namun bisa membersihkan bahan makanan, membuat bumbu masak, dan mengolah makanan dari mentah hingga benar-benar menjadi suatu hidangan untuk keluarga.



Desain Dapur



Perbedaan selanjutnya antara dapur bersih dan kotor adalah desain dapur. Pada dapur bersih umumnya kana didesain lebih cantik dan rapi. hal ini karena biasanya dapur bersih akan dibuat menyatu dengan ruangan lain. Jadi, penting untuk membuat tampilan desain dapur tetap bersih dan rapi.


Sedangkan pada dapur kotor, didesain lebih sederhana dibandingkan dengan dapur bersih. Selain itu, dapur kotor juga akan dibuat terpisah dengan ruangan lain yang mana sengaja dibuat tidak terlihat dari dalam rumah.


Peralatan Dapur



Pada dapur bersih peralatan memasak akan cenderung lebih sederhana dan sedikit. Peralatan masak yang tersedia adalah peralatan masak dasar seperti kompor, wajan, blender, pisau, dan beberapa alat masak lainya.


Sedangkan pada dapur kotor, seharusnya tersedia berbagai macam alat masak dari yang mendasar hingga penunjang seperti chopper, oven dan masih banyak lagi.



Bagaimana? apakah kamu sudah memahami perbedaan dapur bersih dan dapur kotor? dan ingin mengaplikasikanya pada rumah kamu, semoga fungsinya tidak tertukar ya.

29 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 122
15 Juli - 25 Agustus 
2024

bottom of page