top of page

Plafon Ruang Tamu yang Elegan dan Materialnya



Plafon adalah langit-langit rumah yang terhubung atau menempel langsung dengan bagian ruangan. Plafon ruang tamu elegan dapat diterapkan di rumah untuk menggambarkan interior rumah secara keseluruhan.


Plafon juga merupakan sebuah permukaan di bagian atas ruangan.

Plafon berfungsi untuk menahan percikan air saat hujan, mengurangi panas matahari dari bagian atas, dan membuat rumah tampak lebih estetik, bersih, dan menutupi rangka atau kabel di bagian atas bangunan.



Sebelum memasuki inspirasi desain plafon ruang tamu, ketahui dulu tips memilih plafon di rumah. Pertama, tentukan warna plafon yang paling sesuai dengan konsep desain hunian. Misalnya jika ingin menghadirkan kesan elegan, gunakan warna-warna netral yang tidak mencolok. Upayakan untuk tidak menggunakan warna kontras pada dinding guna mengurani nilai elegan pada ruang tamu.


Selain itu, bentuk plafon rumah tidak selalu berbentuk lurus atau datar. Tren plafon kekinian adalah memiliki ceruk untuk menampilkan ilusi langit-langit yang tinggi.

Di samping itu, pilih jenis pencahayaan yang lembut, tidak terlalu terang, dan sesuai dengan bahan serta desain plafon ruang tamu elegan.


Sebagai contoh, dua jenis lampu yang umumnya cocok untuk jenis atau plafon ruang tamu elegan adalah lampu LED tanam, chandelier, atau lampu gantung spider. Tinggal disesuaikan dengan selera dan juga anggaran Moms dan Dads, ya.



Inspirasi Memilih Plafon Ruang Tamu Elegan


Berikut bahan serta inspirasi plafon yang dapat dipertimbangkan untuk desain ruang tamu elegan.


1. Plafon dari Bahan PVC



PVC atau polyvinyl chloride adalah salah satu jenis bahan untuk membuat plafon ruang tamu elegan. PVC terbuat dari bahan plastik yang umum dipakai untuk pembuatan pipa air. Plafon ini biasanya digunakan di bangunan seperti rumah sakit atau gedung pelayanan publik.


Kendati begitu, Moms dan Dads juga bisa menggunakan plafon jenis ini di rumah.

Untuk membuatnya lebih elegan, pilih motif plafon PVC dari kayu.

Selain itu, gunakan penerangan model lampu LED berbentuk bulat atau tabung.


Dengan demikian, suasana ruang tamu terkesan seperti rumah Jepang yang minimalis dengan cahaya tersembunyi, bikin nyaman!



2. Plafon dari Bahan GRC


GRC atau kepanjangan dari glassfiber reinforced cement terbuat dari campuran serat serta semen seperti namanya. Glassfiber sifatnya lebih lentur, yakni dapat melengkung dan mengikuti bentuk tertentu.


Bahan plafon ruang tamu elegan sehingga cenderung lebih mudah dipasang dan diminati banyak orang. Gunakan pencahayaan lampu LED menempel dengan bentuk memanjang agar tampilan elegan dalam ruang tamu semakin kental.


3. Plafon Bahan Kayu



Plafon berbahan kayu bisa membuat rumah punya kesan elegan dan klasik.

Alasan menggunakan plafon dari bahan kayu adalah membuat suasana ruangan lebih homey dan adem.


Tidak hanya itu, corak dari serat-serat kayu alami juga membuat bagian atap ruang tamu menjadi semakin cantik. Padukan dengan chandelier yang simpel untuk menerangi ruang tamu.



4. Plafon Triplek


Plafon triplek masih jadi andalan untuk kebanyakan rumah di Indonesia.

Meski harganya cukup terjangkau, mudah dipasang, dan dapat diinstalasi sendiri, triplek bisa bikin plafon ruang tamu elegan. Supaya elegan dan terkesan minimalis, pencahayaan plafon rumah tamu ini bisa menggunakan standing lamp atau lampu berdiri.



Lampunya bisa diletakkan di sudut-sudut ruang tamu. Umumnya triplek dijual dalam bentuk lembaran. Sayangnya, plafon jenis ini mudah terbakar dan bila ada kebocoran dari atas mudah merembes dan basah. Sebelum pasang plafon ruang tamu elegan dari triplek, pastikan atau rumah bebas dari bocor, ya.


5. Plafon Elegan dari Gypsum



Plafon gypsum sedang naik daun beberapa tahun belakangan. Plafon ruang tamu elegan ini cocok digunakan jika secara keseluruhan rumah yang memiliki konsep minimalis. Bahan gypsum mudah ditemukan di pasaran dan harganya tidak menguras kantong.


Namun, karena daya serap airnya cukup tinggi, makan rentan mengalami risiko kebocoran pada atap. Kesan elegan plafon ruang tamu dari gypsum bisa diwujudkan dengan memilih cat warna putih ditambah dengan ceruk yang membuat langit-langit rumah jadi terlihat lebih tinggi.



6. Plafon Elegan Metal

Bahan metal untuk plafon ruang tamu elegan masih jarang digunakan oleh rumah-rumah di Indonesia. Plafon metal memiliki harga yang tidak ramah di kantong.

Kendati begitu, bahan metal punya kelebihan, di antaranya anti rayap, tahan lama, dan tahan air.


Bahan metal dapat digunakan sebagai plafon ruang tamu elegan dengan konsep rumah industrial. Itu dia keenam jenis bahan dan inspirasi plafon ruang tamu elegan.



Buibuu bisa berdiskusi menentukan bahan dan desain plafon sesuai budget membangun rumah. Bila masih bingung dan khawatir hasilnya kurang maksimal, tak ada salahnya menggunakan jasa desain interior maupun arsitek yang lebih memahami perihal hunian idaman.



Selain pencahayaan yang mendukung, jangan lupa sesuaikan furnitur dan peralatan dir tamu agar kesan mewah dan nyamannya maksimal, ya! Apabila buibu masih bingung cari dekorasi rumah seperti lampu hias bisa kunjung katalog Leatique.

2 tampilan0 komentar

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 122
15 Juli - 25 Agustus 
2024

bottom of page