top of page

Tips Cara Menghilangkan Kerak Kamar Mandi

Diperbarui: 5 Jul 2023



Kerak kapur dapat muncul tidak hanya pada keramik lantai kamar mandi, tapi juga pada keramik dinding kamar mandi yang kerap terpapar air. Kerak membuat dinding tampak kusam dan juga meningkatkan risiko perkembangbiakan kuman di kamar mandi.Terapkan cara membersihkan keramik yang berkerak demi kenyamanan Anda di dalam kamar mandi.


Agar lebih efektif membersihkan kerak pada keramik dinding kamar mandi, gunakan produk cairan pembersih yang ampuh, seperti Vixal. Perhatikan label pada botol produk pembersih sebelum menggunakannya demi keamanan dan hasil terbaik.

Cara membersihkan keramik berkerak di dinding kamar mandi

Cara membersihkan kerak keramik kamar mandi tidak sulit jika dikerjakan dengan strategi yang tepat. Bila yang berkerak adalah keramik dinding kamar mandi, berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Persiapkan bahan dan peralatan Siapkan semua bahan dan alat yang diperlukan sebelum memulai pekerjaan.

  2. Lakukan langkah-langkah keselamatan Langkah keselamatan yang bisa Anda lakukan seperti membiarkan pintu dan jendela kamar mandi terbuka untuk sirkulasi udara, memakai sarung tangan karet, dan mengenakan masker.

  3. Siramkan air panas pada keramik Siramkan air panas untuk membuka pori-pori keramik – berhati-hatilah agar air panas tidak mengenai Anda.

  4. Pakai cairan pembersih Gunakan cairan pembersih, seperti Vixal, untuk menghilangkan kerak kapur. Biarkan cairan bekerja mengikis kerak sebelum menyikatnya.

  5. Gosok kerak dengan kain lap Anda juga dapat menyeka kerak menggunakan kain lap yang sudah dibasahi cairan pembersih.

Cara membersihkan keramik kamar mandi yang membandel karena berkerak dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Siramkan cuka pada area permukaan yang akan dibersihkan, diamkan beberapa waktu lalu sikat dan siram dengan air hangat.

  • Alternatifnya, oleskan campuran bubuk soda kue dan air, diamkan beberapa saat, lalu sikat dan siram dengan air hangat.

  • Opsi lainnya, taburkan abu gosok atau garam kasar tanpa yodium, lalu sikat dan bilas dengan air hangat.

  • Bila Anda menggunakan cairan pembersih yang ada di pasaran, ikuti cara yang telah dijelaskan sebelumnya.

  • Bila perlu, ulangi langkah di atas hingga kerak hilang.

Selain kerak kapur, noda juga dapat timbul pada keramik kamar mandi adalah akibat karat. Cara menghilangkan noda pada keramik dinding atau lantai kamar mandi tergantung pada jenis nodanya.

Tips membersihkan keramik kamar mandi sehari-hari

Beberapa hal ini perlu Anda perhatikan saat membersihkan keramik kamar mandi yaitu:

  • Bersihkan keramik lantai dan dinding kamar mandi secara rutin guna mencegah kerak, noda, lumut, dan jamur di permukaannya.

  • Karena sifat kerak atau noda pada keramik yang berbeda-beda, penggunaan bahan alami dapat memberikan hasil yang berbeda-beda pula. Tes setiap bahan untuk mengetahui mana yang dapat memberikan hasil terbaik bagi Anda.

  • Biasakan selalu membaca petunjuk pada label botol cairan pembersih untuk mendapat hasil terbaik.

  • Untuk keramik berwarna, coba dahulu pemakaian cairan pembersih pada area kecil dan tersembunyi untuk mengetahui reaksinya.

  • Jangan mencampur cairan pembersih dengan bahan lainnya demi keamanan.

Membersihkan keramik kamar mandi perlu dilakukan secara rutin meski kerak atau noda belum tampak. Ini penting untuk mendukung sanitasi dan juga kesehatan Anda.

Lakukan langkah-langkah keselamatan, termasuk penggunaan sarung tangan atau masker Gunakan pula bahan alami seperti cuka, bubuk soda kue, dan abu gosok Produk pembersih efektif membersihkan kerak dan noda membandel – ikuti petunjuk pemakaian pada kemasannya


Bagaimana cara mencegah kerak kamar mandi?

Bagaimana cara mencegah karat pada timbangan kamar mandi? Karat pada timbangan kamar mandi bisa menjadi masalah umum. Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegahnya. Pertama, pastikan area sekitar timbangan selalu kering. Karat biasanya terbentuk akibat kelembaban yang tinggi. Selain itu, jaga agar timbangan tetap bersih dengan membersihkannya secara teratur menggunakan kain lembut yang sedikit basah. Hindari penggunaan pembersih keras yang dapat merusak permukaan timbangan. Jika ada tanda-tanda karat muncul, gunakan pasta penghilang karat yang aman untuk membersihkannya. Penting juga untuk menyimpan timbangan dengan baik, menjauhkannya dari air dan kelembapan yang berlebihan.



17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 120
08 April sd 15 Mei 2024

bottom of page