Tips Dekorasi Interior Kamar Anak

Memiliki anak bukan hanya sekedar memberikan pendidikan ataupun nafkah secara materi saja. Kebahagiaan anak sehari-hari juga harus dipertimbangkan. Salah satunya dengan memberikan kamar yang anak kamu sukai.


Seperti halnya kamar utama, anak-anak pun memiliki tema atau kesukaannya tersendiri. Sebagai orang tua, kamu harus memberikan desain kamar yang sesuai untuk anak dan tidak memaksakan untuk memakai dekorasi yang kamu mau.


Karena itu kita akan bahas tips untuk mendekorasi kamar anak.




1. Memilih Tema


Hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah tema. Untuk anak-anak biasanya kamar tidur yang diinginkan memiliki nuansa ceria. Kamu sebagai orang tua harus menentukan terlebih dahulu konsep kamar tidur yang anak inginkan.


Setelah itu kamu bisa membelikan perabotan dan keperluan untuk isi dalam kamar yang sesuai, atau biarkan anak memilih sendiri tema kamar tidur yang dia inginkan dan bantu untuk mewujudkannya.



2. Pemilihan Warna Cat Ruangan


Pemilihan warna cat untuk kamar tidur anak termasuk hal yang sangat berpengaruh besar dalam menentukan suasana atau mood pada anak. Untuk anak perempuan, kamu bisa menggunakan warna feminin seperti putih, pink, violet, atau warna pastel lainnya. Untuk anak laki-laki kamu bisa memberikan warna biru, cokelat atau hijau.


Jika ingin memberi kesan yang ceria, kamu bisa menggunakan warna orange, kuning, merah, dan warna cerah lainnya. Untuk membuat suasana lembut dan tenang bisa menggunakan warna biru, ungu, dan warna tenang lainnya.


Jika anak tidak ingin memilih warna-warna yang kamu berikan, kamu bisa menggunakan wallpaper dengan motif dan karakter yang anak sukai.



3. Dekorasi Yang Unik


Dengan dekorasi yang unik akan membuat ruangan anak menjadi lebih menarik. Anak juga akan merasa lebih ceria dan betah bermain di kamarnya.


Jika anak menyukai karakter-karakter seperti Barbie, Mermaid, Doraemon, Super hero atau kartun lainnya, kamu bisa menambahkan perabotan yang bertemakan hal-hal tersebut.


Apabila anak menyukai motif tertentu, kamu bisa menggunakan sprei, selimut dan tirai dengan motif motif tersebut. Kamu juga bisa mengajak si kecil untuk membuat dan menghias kamar sendiri agar sesuai dengan kesukaannya dan meningkatkan kreatifitas si kecil.





4. Pemilihan Tempat Tidur


Pemilihan model dan ukuran tempat tidur menjadi pertimbangan utama dalam mendesain kamar tidur anak. Hitung terlebih dahulu luas kamar tidur anak, bila cukup luas, kamu bisa menggunakan kasur dengan ukuran besar. Namun, bila ukuran ruangan anak tidak terlalu luas, dapat menggunakan kasur dengan ukuran sedang dan memiliki banyak fungsi.



5. Memasang Meja Belajar


Kamar anak tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk beristirahat, tapi juga untuk bermain dan belajar. Agar proses bermain dan belajar anak lebih menyenangkan, kamu bisa menambahkan meja atau tempat belajar yang sesuai dengan kesukaan anak. Sebaiknya, meja yang akan digunakan tidak terlalu banyak menggunakan banyak aksesoris atau hiasan agar anak ketika belajar bisa fokus.

16 tampilan0 komentar

Jl Margaasri No.37 Komplek Margaasri Ciwastra

Bandung, Jawa Barat 40287

Indonesia

whatsapp pink.png