top of page

Tips Dekorasi Kantor yang Ideal



Dalam sebuah penelitian ditemukan hubungan antara desain interior kantor dengan efek positif dan negatif yang dihasilkan pada kinerja karyawan. Dibuktikan bahwa konsep ruang kantor yang baik dapat memfasilitasi pemikiran kreatif jika mereka menawarkan ruang untuk pekerjaan terfokus dan aktivitas pencarian inspirasi sebuah karya.


Hal ini menjadi butik bahwa konsep interior kantor yang sesuai akan membawa pengaruh positif dan pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas. Dengan sendirinya pun akan berdampak positif pula terhadap perusahaan secara keseluruhan.



Pada penelitian lainnya menunjukkan bahwa interior ruang kantor dengan konsep terbuka, memiliki dampak buruk terhadap produktivitas dan kesejahteraan karyawan. Penggunaan bilik pun tidak menjamin terha.


Kepala interior desain NBBJ Suzanne Carlson mengatakan, “Fokus kognitif bisa benar-benar diperkuat dan ditunjang oleh lingkungan fisik.” ungkapnya. Menurutnya, lingkungan fisik, terutama konsep interior bisa menjadi faktor penentu keberhasilan sebuah organisasi perusahaan.


Suzanne Carlson sangat dikenal sebagai seorang yang fokus pada desain tempat kerja. Dirinya sangat terampil dalam memahami psikologi ruang, menciptakan lingkungan yang paling responsif untuk mengatasi problem manusia dan bisnis di pada sebuah perusahaan. Suzanne bertujuan untuk menciptakan budaya kolaborasi dan pemberdayaan, baik untuk kliennya maupun untuk timnya sendiri.


Karena itu sebuah kantor haruslah menjadi tempat yang paling ideal dan efektif untuk bekerja. Karena ruangan yang digunakan untuk bekerja akan sangat berpengaruh besar pada kinerja kamu. Jangan sampai gara-gara suasana kantor yang kurang mendukung menurunkan efektivitas kerjamu.


Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mendekorasi kantor agar lebih ideal untuk bekerja.



1. Warna


Angela Wright mengungkapkan bahwa warna dapat memberikan efek mental kepada para pekerja kantoran. Karena itu Angela menyarankan untuk menggunakan perabotan berwarna biru karena warna biru bisa berperan sebagai stimulan kecerdasan.


Selain warna biru, Angela juga menyarankan warna lain, seperti kuning. Kuning adalah warna terang yang menginspirasi kreativitas. Adapun warna merah yang dapat memengaruhi kondisi fisik, dan warna hijau yang bisa menciptakan unsur ketenangan.



2. Peralatan di Meja Kerja


Dalam sebuah penelitian yang membagi para pekerja menjadi empat kelompok. Satu kelompok tidak diizinkan untuk mempersonalisasi ruang kerja sama sekali, sementara yang lain diizinkan untuk menghias dinding tanpa konfigurasi ulang furniture. Satu kelompok lain diperbolehkan untuk mengonfigurasi ulang sesuai kesukaan mereka, dan kelompok terakhir diberikan kebebasan untuk menghias ruang kerja, tetapi akhirnya dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan aturan.


Hasilnya kelompok yang mampu mengkonfigurasi ulang ruang kerja mereka menunjukkan hasil yang paling positif. Mereka dilaporkan mengalami peningkatan konsentrasi, suasana, organisasi, dan produktivitas.



3. Jendela


Sebuah bangunan tanpa jendela adalah suatu hal yang tidak mungkinan. Karena jika suatu ruangan tanpa jendela akan terasa sangat pengap dan tidak nyaman digunakan.


Keberadaan jendela sangat erat hubungannya dengan pencahayaan dan sirkulasi udara. Sebuah ruangan dengan bukaan jendela yang banyak tentu lebih menyehatkan jika dibanding dengan yang sedikit memilikinya.


Begitu pula dengan ruang kantor. Ruangan yang tanpa jendela menyebabkan seseorang yang berada di dalamnya hanya terpapar cahaya lampu artifisial saja. Hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatam, karena tubuh manusia harus mendapatkan paparan cahaya matahari yang cukup di siang hari.



4. Tanaman


Tanaman di dalam ruangan selain menjadi bagian dekorasi memiliki fungsi lainnya juga. Tanaman yang ada di kantor kamu akan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan, serta dengan adanya tanaman akan meningkatkan kelembaban ruangan sehingga terasa lebih sejuk.


Pada psikologi pun dengan adanya tanaman hijau di ruangan kantor akan mengurangi tingkat stress dengan merawat tanaman tersebut. Serta tanaman hijau yang ada di area meja kerja kamua akan meningkatkan fokus dan membuat kinerja otak lebih produktif.



5. Peredam Kebisingan


Jika ruang kantormu berada di pusat kota dan jalan raya yang padat pasti akan muncul suara-suara bising di jalan raya. Hal ini akan menjadi masalah utama, karena akan berdampak buruk pada produktivitas kerja. Konsentrasi dan fokus karyawan akan terganggu dengan kebisingan-kebisingan tersebut.


Alangkah baiknya untuk merancang ruang kantor atau bangunan kantor dengan menggunakan peredam suara. Kebisingan adalah hal sangat mempersulit karyawan untuk mendapatkan produktivitas kerja yang baik.



Buat kamu yang pengen buat suasana kantor lebih nyaman dan bersemangat saat bekerja bisa langsung cek katalog di Leatique yaa, kalau kamu punya lampu custom yang di pengen bisa kita bantu juga yaa.. Cek katalog kita sekarang dengan klik link di bawah ini.



10 tampilan0 komentar

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 122
15 Juli - 25 Agustus 
2024

bottom of page