top of page

Tips Dekorasi Ruang Keluarga

Ruang keluarga menjadi salah satu tempat yang sangat dibuat nyaman dan hangat untuk setiap penghuninya. Karena itu mendekorasi ruang keluarga harus memeliki beberapa aspek penting untuk menjaga keharmonisan keluarga di dalamnya.


Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat ruang keluarga kamu menjadi nyaman dan hangat.





1. Dekorasi dengan Sentuhan Personal


Ruang keluarga adalah ruangan yang cukup personal, dimana kamu bisa melakukan beragam aktivitas bersama keluarga maupun hobi yang kamu gemari. Karena dari itu kamu bisa menempatkan beberapa koleksi pada ruang keluarga.


Selain koleksi pribadi yang ditaruh di ruang keluarga, kamu juga bisa memberikan koleksi bingkai foto diri kamu ataupun foto keluarga. Jika kamu pecinta seni pun kamu bisa memajang beberapa kerajinan tangan sebagai dekorasi di ruang keluarga.



2. Sofa ruang Keluarga


Sofa menjadi salah satu dekorasi wajib untuk hadir di ruang keluarga, karena fungsinya yang amat penting dalam ruang keluarga. Karena itu perlu untuk memilih sofa denga kualitas terbaik agar nyaman dan tahan lama.


Sofa bed bisa jadi alternatif pilihan sofa yang nyaman karena fleksibilitasnya untuk digunakan duduk ataupun berbaring. Bean bag juga bisa ditambahkan sebagai pelengkap agar bisa digunakan sebagai dekorasi ruang bermain.


Menambah bantal pada sofa bisa meningkatkan rasa nyaman sofa tersebut. Karena ruang keluarga digunakan oleh semua anggota keluarga, pastikan jumlah bantal yang ada memadai. Pilihlah bantal dekorasi dengan material yang nyaman dan ukuran yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan, tetapi juga proporsional dengan ukuran sofa yang kamu miliki.


Beberapa perabot lainnya yang bisa melengkapi set sofa adalah side table atau coffee table. Couch atau ottoman juga bisa mempermanis ruang keluargamu.

Untuk dekorasi ruang keluarga yang kecil, menempatkan set sofa menempel pada dinding bisa menjadi alternatif untuk memperluas ruang gerak. Namun, untuk ruang keluarga berukuran besar, jangan menggunakan hal serupa, karena hal tersebut membuat ruang keluarga terasa seperti aula, tapi juga mengurangi kesan akrab dan intense.





3. Dekorasi Hijau pada Ruang Keluarga


Elemen dekoratif yang bisa manambahkan kenyamanan pada ruang keluarga adalah tanaman. Menghadirkan tanaman sebagai dekorasi ruang keluarga memang dipercaya bisa memberikan rasa rileks. Terutama tanaman hias daun hidup yang akan membuat sirkulasi dan kelembaban udara di dalam ruang menjadi lebih baik.


Kamu bisa mencoba menempatakan tanaman dengan bunga seperti Anturium yang dipercaya dapat menurunkan tingkat stres. Selain itu, ada beberapa tanaman lain dengan fungsi-fungsi khusus; seperti Sansevieria atau yang dikenal juga dengan nama lidah mertua dengan kemampuannya menyerap radiasi dari perangkat elektronik seperti TV dan smartphone.


Tanaman kecil seperti kaktus atau bambu hias juga bisa menjadi pilihan dekorasi ruang keluarga yang mungil dengan menempatkannya pada side table, meja kerja, atau coffee table.



4. Menempatkan TV pada Ruang Keluarga


Perangkat elektonik yang wajib ada pada dekorasi ruang keluarga adalah TV. Meletakkan TV di ruang keluarga pun tidak bisa sembarangan.


Pastikan ukuran TV sesuai dengan ukuran dan jarak dari sofa yang kamu miliki. Untuk sofa yang berjarak diatas 2 meter, gunakan TV dengan ukuran 40 – 50 inch agar kegiatan menonton jadi lebih nyaman. Untuk sofa yang berjarak lebih dari 3 meter, TV berukuran 60’ akan terasa lebih pas.


Jika TV millikmu diletakkan di atas meja TV, pastikan juga ukuran panjang meja TV proporsional. Untuk membuat meja TV terasa proporsional, panjang dari meja TV harus 1,5 kali lebih panjang dari ukuran TV. Hindari juga meja TV yang terlalu tinggi agar menonton TV tetap terasa nyaman pada jarak pandangmu.



5. Pencahayaan Tambahan


Untuk memaksimalkan aktivitas di ruang keluarga, pencahayaan pada ruangan keluarga pun harus ditata dengan semaksimal mungkin.


Gunakan lampu utama dengan cahaya yang mampu merata keseluruh ruangan. Pilihan lampu plafon atau lampu gantung. Namun, untuk lampu gantung pastikan ketinggian lampu tidak terlalu rendah.


Untuk sudut-sudut ruang yang masih gelap, kamu bisa tambahkan lampu tambahan lewat standing lamp atau lampu dinding. Agar tidak menyilaukan mata, letakan lampu dinding sedikit lebih tinggi dari garis pandangmu. Lampu baca juga bisa jadi dekorasi ruang keluarga yang pas untuk kamu yang memiliki hobi membaca.


Tambahan spotlight pada ceiling yang menyorot pada koleksi pribadi hingga sentuhan personalmu juga akan memberikan kesan dramatis yang akan membuat dekorasi ruang keluarga menjadi lebih menarik.


Hal penting dari dekorasi ruang keluarga ada tidak berlebihan dalam mendekorasinya. Meski banyak hal yang bisa ditambahkan pada dekorasi ruang keluarga, hal utama dari ruang keluarga adalah keleluasaan beraktivitas bersama keluarga. Jadi jangan sampai ruang keluarga yang kamu idamkan menjadi tidak nyaman karena keterbatasan ruang gerak yang ada.

9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 122
15 Juli - 25 Agustus 
2024

bottom of page