Tips Dekorasi Ruang Makan

Ruang makan jadi salah satu tempat berkumpulnya keluarga dan momen ini haruslah terjaga untuk mengeratkan hubungan antar anggota keluarga. Karena itu amat penting untuk memelihara dan membuat ruangan makan sebagai ruangan yang nyaman. Berikut adalah tips untuk mendapatkan dekorasi ruang makan yang cocok untuk kamu.






1. Pencahayaan


Untuk pencahayaan karena aktivitas pada ruang makan terpusat pada meja makan dan dalam keadaan duduk, gunakan lampu gantung tepat di atas meja makan minimalis untuk memfokuskan pencahayaan pada aktivitas utama. Pada dekorasi ruang makan klasik, dulunya banyak memanfaatkan candelier. Namun kini kamu bisa menggantinya dengan lampu gantung kristal, atau lampu gantung dengan kap polos untuk rancangan minimalis dan modern.


Satu hal lagi yang perlu kamu ketahui saat menginstalasi lampu gantung sebagai dekorasi ruang makan, jarak antara permukaan meja dan bagian terbawah lampu gantung yang ideal adalah 70 hingga 90 cm. Pastikan lampu gantung tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi.


Jika ruang makanmu besar, nggak ada salahnya menambahkan spot light pada sudut-sudut tertentu ruang makan. Pencahayaan tambahan seperti lampu dinding dan lampu meja juga bisa jadi alternatif asalkan tidak terlalu menyesakkan dekorasi ruang makan lainnya.



2. Meja Konsol



Meja konsol sering dianggap tidak diperlukan. Namun penggunaanya cukup membantu sebagai meja yang menjadi media transisi makanan sebelum disajikan ke atas meja makan. Meja ini juga bisa digunakan untuk meletakkan piring kotor untuk sementara hingga aktivitas makan-makan benar-benar sudah selesai.


Menghadirkan meja konsol akan membuat meja makan jadi lebih rapi. Untuk mempermudah, pilihlah meja konsol yang memiliki roda sehingga mempermudah mobilitasnya. Namun, untuk kamu yang memiliki ruang makan kecil, meja konsol yang lebih statis mungkin akan lebih aman.





3. Dekorasi Dinding


Banyak orang yang tidak memerhatikan nilai estetika dari ruang makan dan membiarkan dinding dengan warna solid yang polos biasanya menjadi pilihan setiap orang yang nggak ingin repot. Hal ini tentu sah-sah saja, namun ada beberapa warna yang bisa menstimulasi nafsu makan sehingga cocok untuk diaplikasikan pada dinding ruang makan. Warna tersebut adalah warna merah dan kuning.


Untuk menghiasi dinding kamu bisa menggunakan lukisan ataupun foto yang memiliki warna kontras merah untuk jadi pajangan pada salah satu atau beberapa dinding ruang makan. Tidak hanya memberikan warna, lukisan atau foto pada dinding ruang makan bisa memberikan suasana lebih hidup pada ruang makan.


Untuk kamu yang memiliki ruang makan mungil, mengaplikasikan cermin pada salah satu bidang dinding bisa membantu membuat ruang makan jadi terasa lebih luas. Warna-warna pastel dan putih juga bisa dipakai untuk membuat ruang terkesan lebih luas.



4. Tanaman


Tidak hanya untuk menyegarkan udara dalam ruangan, tanaman sebagai dekorasi ruang makan juga bisa membuat suasana ruang menjadi lebih rileks. Apalagi, kamu bisa memanfaatkan tanaman yang berdaun merah atau memiliki bunga berwarna merah atau kekuningan pada ruang makan karena kedua warna ini bisa merangsang nafsu makan keluarga ketika berada di ruang makan.


Untuk dekorasi ruang makan yang besar, kamu bisa menggunakan pot dan tanaman yang besar pada sudut ruangan atau di atas meja konsol. Namun, untuk ruang makan yang mungil, tanaman-tanaman kecil bisa kamu jadikan penghias meja makan.



5. Taplak Meja


Meski bukan elemen wajib di ruang makan, taplak meja bisa memberikan kesan tampak lebih elegan. Fungsi lainnya adalah taplak meja akan menjaga permukaan meja dari makanan yang mungkin panas. Beberapa meja memiliki material yang tentu memiliki perlindungan ekstra, dan taplak meja bisa menjadi salah satu solusinya. Pastikan taplak meja tetap senada dengan warna dan model kursi makan.

11 tampilan0 komentar

Jl Margaasri No.37 Komplek Margaasri Ciwastra

Bandung, Jawa Barat 40287

Indonesia

whatsapp pink.png