top of page

Tips Dekorasi Rumah di Hari Raya Idul Fitri

Hari kemenangan yang fitri sudah mendekati waktunya, kamu pasti sudah mempersiapkan diri untuk meraih hari kemenangan dengan jiwa yang bersih dan ruangan nan cantik untuk dinikmati bersama keluarga.



Selain ketupat dan kue kering, kebiasaan lainnya dalam menghadapi hari raya adalah membersihkan rumah secara keseluruhan, mengecat ulang rumah dan juga menambah dekorasi rumah lainnya. Semua hal ini dilakukan agar bisa menikmati waktu silaturahmi dengan keluarga, tetangga, saudara, teman dan kerabat dengan suasana yang bahagia dan kemenangan.


Tapi dikala pandemi yang masih melanda untuk silaturahmi sangatlah berisiko, terutama dengan adanya kebijakan dilarang mudik di tahun 2021 ini. Meski berat tapi hari kemenangan tetap harus dirayakan. Kamu pun masih bisa bersilaturahmi secara virtual dengan saudara-saudara yang tidak bisa mengunjungi.


Meski silaturahmi tahun ini mengharuskan secara virtual, tapi rumahmu tetap harus menampilkan suasana kemenangan dan kebahagian kepada orang-orang. Karena itu mari kita bahas tips untuk mendekorasi rumah di hari raya Idul Fitri dengan bersilaturahmi secara virtual.



1. Mengecat ulang rumah


Jika kamu memiliki rezeki lebih, kamu bisa mengganti cat rumah untuk mendapatkan tampilan yang sangat berbeda pada sebuah ruangan. Saat hendak mengganti warna cat, cobalah tentukan mood yang ingin kamu buat. Sebagai contoh, jika kamu ingin mendapatkan kesan rumah yang hangat, lembut, dan juga elegan, kamu bisa memilih warna coral. Sementara itu, jika kamu ingin menciptakan nuansa sejuk dan juga elegan di dalam rumah, Anda bisa memilih warna grey.



2. Mengubah tatanan furniture


Kamu sebenarnya gak perlu membeli furniture baru agar rumah terlihat segar dan berbeda saat hari raya. Karena kamu hanya perlu mengubah tatanan atau tata letak furniture yang ada di dalam rumah.


Tak hanya di ruang tamu saja, kamu juga bisa mengaplikasikan cara ini di kamar tidur atau dapur. Saat mengatur ulang tata letak furniture dan perabotan rumah, cobalah berkreativitas dan bekerjasama untuk mendekorasi rumah sesuai dengan keinginan kamu dan keluarga.



3. Memperbaiki perabot yang rusak


Jika ada furniture atau perabot rumah yang rusak atau terkena noda, segeralah bersihkan dan reparasi jika memungkinkan. Sofa dan karpet biasanya menjadi fokus utama, sehingga patut menjadi perhatian. Jika sofa atau karpet kamu tampak terlihat kusam dan banyak noda, segera bersihkan. Jika malas mencuci atau membersihkannya, kamu bisa memanfaatkan jasa cuci perabotan rumah tangga.



4. Mengganti sistem pencahayaan


Jika selama ini kamu menggunakan lampu LED untuk pencahayaan rumah, bagaimana jika kamu menggantinya dengan sesuatu yang berbeda? Sebagai contoh, kamu bisa memasang lampu di langit-langit rumah menggunakan lampu berwarna kuning untuk kesan yang lebih homey dan juga nyaman. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lampu gantung untuk efek yang lebih dramatis.


Namun jika ada budget lebih kamu bisa mengganti lampu rumah dengan chandelier yang menarik dan juga memberikan kesan glamour di hari kemenangan. Dengan lampu chandelier yang menggantung di rumah kamu akan di jamin suasana dirumah pun akan berubah menjadi lebih mewah dan hangat untuk bersilaturahmi.



5. Menambahkan dekorasi Lebaran


Untuk menambah suasana berbeda, kamu bisa menambahkan beragam dekorasi dan pernak-pernik khas Lebaran. Sebagai contoh, kamu bisa menambahkan bantalan sofa, toples kue, hiasan dinding, tempat lilin, tampat tisu, hingga bunga segar. Saat menambahkan pernak-pernik pada ruanganmu, jangan lupa untuk selalu menyesuaikan dengan furniture yang ada di dalam rumah kamu.

16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua