• Lea Butik

Tips Memasang Lampu Gantung

Untuk mempercantik rumah kamu pasti ingin memiliki pencahayaan lampu yang menarik dan sesuai dengan keinginan. Mulai dari model, ukuran dan penempatan lampu sesuai dengan selera yang kamu mau.


Saat kamu menginginkan lampu gantung mungkin yang akan menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara memasangnya? Beberapa lampu gantung ada yang dengan mudah untuk memasangkannya dan adapula lampu yang sangat besar sehingga membutuhkan beberapa orang untuk memasangnya.


Karena itu agar pemasangan lebih mudah mari kita simak Tips Memasang Lampu Gantung.



1. Tinggi Plafon/Langit-langit


Penggunaan lampu gantung adalah dengan menggantungkannya pada plafon rumah atau langit-langit. Ketinggian ini sangat mempengaruhi fungsi dari lampu gantung. Apabila plafon dengan tinggi lebih dari 5 meter. Maka lampu gantung difungsikan sebagai dekorasi untuk mengisi kekosongan bagian atas rumah.



2. Ukuran Lampu Gantung


Memilih lampu gantung harus memperhitungkan pula dengan tinggi plafon, luas ruangan dan seberapa besar ukuran meja yang ada di ruangan tersebut. Sebagai aturan pada umumnya, bahwa makin luas sebuah ruangan maka semakin besar pula lampu gantung yang seharusnya di pasang.


Untuk penggunaan di atas meja lampu gantung harus lebih sempit dari diameter atau lebar meja. Memasang lampu gantung yang lebih besar dari ukuran meja dapat membahayakan keselamat para penghuninya, karena dapat membentur kepala.



3. Gaya Lampu Gantung


Untuk gaya lampu gantung bisa dipilih sesuai desain interior atapun kamu ingin berbeda dengan tema interiornya pun bisa.


Apabila interior yang kamu usung beragaya tradisional disarankan untuk memilih gaya lampu gantung dengan ornamen dan detail dekoratif. Sedangkan untuk tema interior modern dapat memilih lampu gantung dengan sedikit ornamen dan detail sederhana.


Adapun gaya lampu gantung yang mewah dengan menggunakan kristal-kristal sebagai ornamen. Gaya lampu ini akan membuat dekorasi interior rumah terlihat elegan dan berkelas.





4. Penempatan


Untuk penggunaan lampu gantung pada ruang makan, dianjurkan pada ketinggian 75-85 cm tepat di bagian tengah meja makan. Untuk penggunaan ruang tamu pun sama, lampu gantung ditempatkan pada bagian tengah ruang tamu/diatas meja. Ini dimaksudkan agar menjadi pusat perhatian di ruang tamu.


Untuk di kamar tidur, lampu gantung ditempatkan di atas tempat tidur atau disampingnya. Namun jika disimpan di samping tempat tidur disarankan untuk memasang lampu gantung sebanyak 2 unit.


Untuk di depan rumah/teras dianjurkan untuk menempatkan lampu gantung di tengah-tengah teras. Namun jika teras kamu luas bisa menggunakan 2 unit lampu gantung di samping kiri dan kanan.



5. Memasang Dudukan Penguat (Electrical Box)


Sebelum memasang lampu gantung, kamu harus mengetahui berat lampu gantung tersebut. Karena ini bertujuan agar bisa memastikan apakah dibutuhkan dukungan penguat atau tidak. Standar pemasangan di langit-langit rumah sekitar 22.7 kg atau 50 pound. Apabila berat lampu gantung melebih beban tersebut, maka kamu wajib memasang electrical box seperti yang dipasang pada kipas yang di langit-langit.



6. Kontruksi Atap


Kontruksi atap rumah atau bangunan perlu diperhatikan pada saat memasang lampu gantung dengan ukuran sangat besar, bobot berat dan juga lampu yang dipasang dalam jumlah banyak. Kondisikan konstruksi atap agar mampu menahan beban lampu gantung tersebut.


5 tampilan0 komentar

Jl Margaasri No.37 Komplek Margaasri Ciwastra

Bandung, Jawa Barat 40287

Indonesia

whatsapp pink.png