Tips Membersihkan Lampu Gantung

Lampu gantung atau lampu kritstal yang menggantung di rumah mempengaruhi suasana sebuah ruangan. Ruangan yang besar ataupun kecil dengan adanya lampu gantung akan menambahkan kesan kemewahan. Apalagi jika lampu gantung yang ada adalah lampu kristal.


Namun kesan kemewahan dari lampu gantung bisa menjadi sirna jika kamu tidak merawat lampu tersebut. Kesan mewah dari kilauan cahaya kristal akan semakin memudar dengan bertambahnya usia lampu tersebut.


Karena itu penting untuk selalu merawat lampu gantung tersebut, terutama lampu kristal yang sangat rentan. Dengan membersihkan lampu gantung secara berjangka bisa menjaga umur dari lampu gantung tersebut.


Berikut adalah beberapa tips untuk membersihkan lampu gantung yang bisa kamu lakukan di rumah.



Matikan listrik sebelum membersihkan lampu


Keamanan menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan saat sedang membersihkan lampu. Untuk menghindari terjadinya korsleting atau hal-hal yang tidak diinginkan maka langkah pertama adalah dengan mematikan listrik terlebih dahulu.


Setelah listrik dimatikan tunggu beberapa saat untuk menormalkan kembali suhu pada lampu.



Melepas bagian lampu yang mudah pecah


Untuk lampu yang bisa dibongkar pasang, kamu bisa melepas beberapa part dari lampu terlebih dahulu. Wajib untuk membongkar lampu dengan bagian yang mudah pecah, terutama hiasan kristal. Bagian dari lampu ini dibongkar agar saat melakukan pembersihan lebih mudah dan bisa sampai ke sela-sela.


Bagian dari lampu yang berbahan kaca bisa direndam pada cairan sabun selama beberapa menit. Agar semakin maksimal basuh permukaan kaca dengan spon bersih dan lap kaca hingga benar-benar kering.



Membersihkan lampu secara menyeluruh


Untuk membersihkan lampu bisa dengan menempatkan kain lap tebal pada bagian bawah lampu sebagai alas. Setelah itu semprot bagian lampu dengan cairan khusus yang terbuat dari air cuka ataupun sabun. Debu dan kotoran pada lampu gantung akan terbawa oleh cairan dari semprotan tersebut. Langkah selanjutnya bersihkan lampu secara menyeluruh dan bilas dengan air bersih.



Membersihkan rangka lampu


Membersihkan rangka lampu gantung disesuaikan dengan bahan dari rangka tersebut. Untuk rangka yang berbahan dari stainless steel dan perak pembersihan bisa menggunakan baking soda dan garam. Jika bahan rangka terbuat dari krom membersihkannya menggunakan campuran air dan detergen, proses pembersihannya membutuhkan waktu satu malam untuk perendaman. Sebelum rangka lampu dikeringkan lap atau angin-anginkan terlebih dahulu. Jika rangka lampu berkarat bisa menggunakan amplas nomor nol, selain dengan amplas bisa juga menggunakan pembersih keramik.


Untuk membersihkan bagian kristal, karena permukaan kristal sangat sensitif jika disentuh akan meninggalkan bekas maka pembersihannya harus menggunakan kain lembut agar kilaunya tetap terjaga.


Pembersihan lampu kristal ini bisa dilakukan 4-6 bulan sekali. Apabila, terlalu sering dibersihkan dengan cairan kimia yang bersifat keras warna dan kilauan pada lampu malah akan semakin memudar.



15 tampilan0 komentar

Jl Margaasri No.37 Komplek Margaasri Ciwastra

Bandung, Jawa Barat 40287

Indonesia

whatsapp pink.png