top of page

Tips Membuat Rumah Sehat dan Nyaman

Halo Bu Ibuuu...


Nilai yang harus dimiliki sebuah rumah adalah tempat ternyaman untuk ditinggali dan menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga untuk berkumpul. Namun selain itu sebuah rumah juga harus memiliki nilai kesehatan di dalamnya agar setiap penghuni di dalamnya bisa selalu ceria dan beraktifitas bebas.


Karena itu mari kita simak beberapa tips untuk menata rumah kamu menjadi lebih sehat dan nyaman.



1. Pencahayaan


Pencahayaan menjadi hal penting dalam sebuah rumah. Karena jika rumah kamu tidak mendapatkan pencahayaan yang cukup akan menjadi lembab. Sedangkan daerah yang lembab akan menjadi sarang bakteri.


Dengan pencahayaan rumah yang cukup rumah akan terasa lebih nyaman serta akan membunuh bakteri-bakteri. Selain itu pencahayaan yang cukup baik bagi kesehatan mata.



2. Sirkuliasi Udara dan Ventilasi


Selain dari pencahayaan ventilasi udara pun sangat penting. Sebagai tempat masuknya oksigen ke dalam rumah. Kamu bisa bayangkan bagaiman jika orang-orang di rumah kekurangan suplay oksigen, pasti akan menjadi masalah kesehatan bagi seluruh anggota keluarga.


Kamu harus memastikan ventilasi di rumah bersifat cross ventilation, sehingga udara di dalam ruangan bisa beregenerasi dengan udara yang ada di luar. Hunian yang termasuk rumah sehat boleh memiliki AC, tapi sirkulasi udara alami adalah yang terbaik.



3. Dekorasi dan Perabot yang Mudah di Bersihkan


Kebersihan jadi faktor yang paling penting untuk membuat rumah kamu tetap sehat. Karena itu sebelum membeli perabot dan dekorasi di rumah pastikan untuk memilih bahan atau model yang bisa kamu bersihkan.


Seperti pada bagian dinding, kamu bisa menggunakan cat dinding spotless yang bisa dilap dengan mudah jika terdapat noda. Serta membersihkan karpet yang kamu miliki secara berkala karena karpet mudah menyimpan debu dan kotoran.



4. Memastikan Sistem Air Bersih


Saat ini di setiap rumah kebanyakan menggunakan air ledeng dengan kandungan krolin. Namun klorin memiliki sifat baik sebagai pembunuh jamur dan parasit lainnya. Akan tetapi pemakaian yang berlebih bisa mengakibatkan hal yang tidak baik, bahkan bisa membentuk sel kanker.


Agar rumah kamu tetap sehat, pastikan setiap saluran air bersih di rumahmu, baik pada wastafel atau keran air di kamar mandi.



5. Membuat Taman


Dengan mambuat taman membantu mengontrol sirkulasi udara, temperatur, hingga kelembaban udara. Taman tidak hanya memberikan kesehatan pada tubuh kamu saja, dengan adanya taman juga bisa memberikan efek relaksasi dan penghilang stress yang baik untuk kesehatan mental.


Namun jika kamu memiliki ruang terbatas, hadirkan taman gantung atau taman vertikal sebagai alternatif. Jika membuat taman gantung pun tidak memungkinakan, maka kamu bisa mengupayakan untuk menambahkan sedikit elemen vegetasi pada ruang yang ada di dalam rumah.

12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 120
08 April sd 15 Mei 2024

bottom of page