top of page

Tips Memilih Sendok Stainless Steel Yang Aman Untuk Kesehatan

Peralatan makan berbahan stainless steel seringkali menjadi pilihan utama untuk keluarga. Bukan hanya karena design yang menarik tapi karena nilai keamanannya yang menjadi hal utama untuk dipilih.



Namun faktanya banyak produk yang beradar di pasar tidak menggunakan material terbaik dan tidak mengikuti standard yang berlaku. Hal ini sangat berbahaya karena material tersebut mengandung BPA yang menjadi penyebab kanker.


BPA atau bisphenol-A adalah bahan kimia berbahaya yang biasanya ada pada pembuatan tempat makanan dan produk kebersihan. Jenis kimia ini dapat meniru estrogen dan hormon lainnya, serta berinteraksi dengan reseptor sel tertentu yang meningkatkan perkembangan kanker payudara, ovarium, dan prostat serta potensi penyakit berbahaya lainnya.


Di lihat dari segi kesehatan ini, kamu harus berpindah pada peralatan makan yang terbuat dari bahan yang aman dan berkualitas salah satunya adalah stainless steel yang berkualitas.





Meski peralatan makan yang kamu beli berbahan stainless steel, kamu tetap harus menyadari bahwa merek peralatan makanan dari produsen yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda pula. Selain itu juga terdapat dengan komposisi dan kualitas stainless steel yang bervariasi.


Beberapa alat makan menggunakan komposisi paduan dari baja tahan karat gabungan dari berbagai logam, yang mengandung kromium dan nikel yang tidak sepenuhnya baik untuk tubuh.


Secara medis tubuh membutuhkan sedikit kromium, yang biasanya datang dari makanan sehat. Namun tubuh juga tidak bisa menerima jumlah nikel yang banyak, karena dapat menyebabkan keracunan logam berat.



Lalu bagaimana untuk mengetahui peralatan makan yang aman digunakan?



Sendok stainless tentu dapat terlihat dari kualitasnya, karena peralatan yang berkualitas tinggi terbuat dari bahan yang jauh lebih aman untuk kesehatan.


Sederhananya jika bahan berkualitas tinggi mampu menahan panas, tidak bereaksi dengan makanan, mengelupas atau melelehkan bahan kimia berbahaya ke dalam makanan.


Sebagai tolak ukur pada stainless steel terdapat beberapa angka yang harus diperhatikan seperti 18/10. Berguna sebagai penunjuk kandungan krom dan nikel. Semakin tinggi kadar keduanya, maka ketahanan terhadap panas dan karat akan semakin baik. Meskipun harga biasanya sedikit lebih mahal, namun sangat sebanding dengan nilai kesehatan yang harus dijaga.


Perlu dicatat banyak peralatan yang dijual dengan harga murah, karena umumnya mereka menggantikan nikel dengan nitrogen atau mangan yang materialnya dijual dengan harga rendah. Namun hal ini menyebabkan harga dan kualitas ikut menurun.




Tips memilih peralatan makan yang sesuai


Gunakan indikator 18/10 sebagai penunjuk kandungan krom dan nikel. Sekaligus sebagai penanda peralatan ini sudah food grade, yaitu aman dan tidak akan memindahkan atau mentransfer zat-zat yang membahayakan ke makanan.


Tips merawat peralatan makan stainless steel



Untuk menjaga peralatan makan berbahan stainless steel gunakan alat pembersih yang terbuat dari bahan halus, yang tidak akan menggores permukaan stainless steel. Bersihkan permukaannya dengan hati-hati, agar tidak mengganggu integritas peralatan yang berkualitas tinggi.


Jika terdapat noda membandel maka dapat menggunakan pasta gigi, gosok dan keringkan. Sementara itu untuk membuat peralatan tetap mengkilap gunakan air dengan campuran cuka, kemudian gosok menggunakan sponge dan bilas.


Di leatique sekarang sedang ada promo cuci gudang loh DISKON 5% item ready stock, salah satunya sendok


stainless stell yang best seller Klik link foto di bawah ini untuk lihat katalog lengkapnya


89 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 120
08 April sd 15 Mei 2024

bottom of page