top of page

Tips Memilih LUGGAGE Terbaik


Koper yang mudah dibawa dan nyaman adalah syarat yang diperlukan ketika kamu hendak melakukan perjalanan, baik itu perjalanan dinas, umroh, pulang kamu, ataupun traveling domestik maupun luar negeri.

Memiliki ruang penyimpanan yang besar, tentu koper akan memudahkan perjalanan kamu bila dibandingkan dengan backpack. Koper dinilai lebih praktis dan dapat memudahkan mobilitas selama dalam perjalanan.

Hal ini dikarenakan item travel yang satu ini mampu menampung banyak barang dan dapat ditarik selama di perjalanan. Pun koper juga hadir dengan berbagai macam desain, fungsi, ukuran, dan harga yang berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Ada berbagai jenis bagasi yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan perjalanan yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis koper yang umum:

  • Koper: Tas berbentuk persegi panjang dengan tutup berengsel yang terbuka secara horizontal. Tersedia dalam berbagai ukuran dan bahan, seperti hardcase atau softcase. Koper populer karena interiornya yang luas dan cocok untuk perjalanan yang lebih jauh.

  • Ransel: Ransel adalah tas yang dibawa di punggung, biasanya dengan dua tali bahu. Ini dirancang untuk mendistribusikan berat secara merata dan nyaman untuk perjalanan bebas genggam. Tas ransel hadir dalam berbagai ukuran dan cocok untuk perjalanan singkat maupun jauh, terutama bagi mereka yang lebih suka bepergian dengan ringan.

  • Tas Ransel: Tas ransel adalah tas silinder besar dengan penutup atas, sering kali terbuat dari bahan kain atau kanvas. Biasanya memiliki satu atau dua pegangan dan tali bahu agar mudah dibawa. Tas duffel bersifat fleksibel dan dapat menampung banyak barang sehingga cocok untuk kegiatan olahraga atau liburan akhir pekan.

  • Tas Garmen: Tas garmen dirancang khusus untuk membawa jas, gaun, atau pakaian formal lainnya. Biasanya panjang dan tipis, dengan penutup ritsleting dan kait gantungan di dalamnya untuk menjaga pakaian bebas kerut. Tas pakaian sering kali dilengkapi dengan saku atau kompartemen tambahan untuk sepatu dan aksesori.

  • Tas Troli: Tas troli, juga dikenal sebagai tas bergulir atau koper beroda, dilengkapi dengan roda dan pegangan yang dapat ditarik, memungkinkannya untuk ditarik alih-alih dibawa. Tas troli tersedia dalam berbagai ukuran dan nyaman untuk pelancong yang memiliki barang bawaan berat atau besar.


  • Tas Laptop: Tas laptop dirancang untuk membawa dan melindungi laptop dan perangkat elektronik lainnya. Biasanya memiliki kompartemen atau selongsong empuk untuk menahan laptop dengan aman dan kantong tambahan untuk aksesori dan dokumen. Tas laptop datang dalam berbagai gaya, termasuk ransel, tas selempang, dan tas kerja.

  • Travel Organizer atau Packing Cubes: Travel organizer atau packing cubes adalah tas atau kubus yang lebih kecil yang digunakan untuk mengelompokkan dan mengatur isi koper utama Anda. Mereka membantu memisahkan barang-barang dan membuat pengepakan dan pembongkaran menjadi lebih nyaman.

Ini hanya beberapa contoh jenis koper yang tersedia. Pilihan barang bawaan bergantung pada faktor-faktor seperti durasi perjalanan, moda transportasi, preferensi pribadi, dan kebutuhan perjalanan tertentu.

Tips Memilih Koper yang Tepat


Setelah mengetahui berbagai macam ukuran koper, alangkah lebih baik jika kita juga mengetahui terkait tips memilih koper yang tepat sesuai kebutuhan dan cocok untuk digunakan bepergian ataupun liburan. Oleh karena itu, saat sudah membelinya, kita tidak akan merasa kecewa. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih koper, antara lain:

1. Pilih Koper Softcase atau Hardcase


Ada dua jenis material koper yang diproduksi oleh produsen koper, yakni jenis softcase dan juga hardcase. Perbedaan keduanya yaitu jika koper dengan material softcase mempunyai berat yang ringan tapi lebih ringkih, sehingga tidak bisa melindungi isi koper dengan maksimal. Untuk itu, jenis koper yang satu ini cocok untuk digunakan pada perjalanan yang tidak jauh.

Apabila menggunakan koper softcase ini, pilihlah bahan ballistic nylon yang sudah teruji digunakan untuk kebutuhan outdoor. Sementara untuk koper hardcase biasanya mempunyai kelebihan yaitu bisa memberikan rasa aman untuk penggunanya. Sebab, isi yang ada di dalam koper bisa terlindungi dengan baik. Akan tetapi, kekurangan dari koper hardcase ini yaitu para pengguna akan merasa cukup keberatan ketika menenteng jenis koper ini.

Untuk koper yang berbahan hardcase, sebaiknya kamu pilih yang berbahan polycarbonate. Hal ini bukan tanpa alasan karena bahan tersebut cukup kuat dan ringan, walaupun tertimpa atau terlempar saat bongkar muat di kargo bandara. Jadi, kamu tetap bisa melakukan perjalanan dengan nyaman tanpa perlu merasa cemas dengan isi koper.

2. Pilih Koper Sesuai Kebutuhan


Agar perjalanan terasa nyaman dan menyenangkan, pastikan kamu membawa kebutuhan yang tepat dan sesuai. Penggunaan koper yang berkualitas pastinya menjadi hal yang harus dilakukan supaya barang bawaan yang dibutuhkan bisa terbawa semuanya. Hal ini penting untuk diperhatikan, selain mempermudah perjalanan kita, juga dapat menghindari biaya tambahan yang mungkin saja dikeluarkan untuk kelebihan bagasi.

Jangan sampai kamu harus membayar sejumlah biaya bagasi tambahan hanya karena membawa terlalu banyak barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan ketika bepergian. Pilihlah ukuran koper sesuai dengan waktu perjalanan kamu nantinya.

Jika jangka waktu perjalanan memerlukan waktu yang lama, maka kamu bisa menggunakan koper dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan saat perjalanan yang singkat.

3. Perhatikan Ukuran dan Daya Tampung yang Tepat


Dalam memilih koper, pastikan koper yang kamu pilih bisa memuat semua barang bawaan. Sehingga penting untuk memilih ukuran koper yang paling tepat. Jika perlu, kamu juga bisa mempunyai koper dari berbagai macam ukuran, supaya sewaktu-waktu dibutuhkan, kamu bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan, menyesuaikan lama perjalananmu. Biasanya, ukuran koper di bagasi akan dihitung per sentimeter, yakni panjang x lebar x tinggi, dimulai dari bagian roda koper sampai bagian permukaan atas koper.

4. Perhatikan Kondisi Roda dan Pengamanan Koper

Meskipun bepergian dengan barang bawaan yang banyak, pastinya kamu tentu saja tidak mau mendapatkan kendala pada saat menggerakkan atau ketika membawa koper. Maka dari itu, kamu juga perlu mengenali dan memperhatikan berbagai macam jenis roda koper ketika membelinya, seperti roda dua atau roda empat.

Pastinya, koper yang memiliki roda empat ini akan lebih mudah untuk digerakkan walaupun beban di dalamnya cukup berat. Tidak hanya itu, meskipun di atasnya diletakkan tas tenteng, kopernya tetap mudah digerakkan.

Bukan hanya roda saja, tetap kamu juga harus memperhatikan kunci pengamanan yang ada pada koper. Hal ini perlu diperhatikan karena koper akan menampung berbagai barang, sehingga barang-barang tersebut menjadi lebih aman.

Alangka baiknya, kamu memiliki koper dengan kunci pengaman Travel Sentry Approved atau TSA yang memenuhi standar keamanan internasional. Hal ini bertujuan supaya koper miliki kamu tetap aman dalam perjalanan.

5. Pilih Harga Koper Terbaik


Apapun barang yang kamu beli, pastikan dulu bahwa kualitasnya memang terjamin. Jika membahas tentang kualitas, umumnya harganya juga akan ikut dalam menentukan kualitas koper tersebut. Untuk setiap kualitas yang kamu peroleh, ada sejumlah harga yang harus dibayarkan. Hal itu juga berlaku pada saat kamu membeli koper ini.

Oleh karena itu, pastikan kamu membayar harga yang sepadan dengan kualitas koper yang kamu beli. Hal itu dapat dilakukan dengan cara membandingkan satu produk dengan produk yang lainnya. Sampai kamu menemukan koper yang kualitasnya terbaik dengan harga terbaik juga.



6. Pilih Toko yang Kredibel


Tak hanya itu saja, tempat kamu membeli koper juga harus diperhatikan dengan teliti. Hal ini bukan tanpa alasan karena toko yang kredibel dan profesional umumnya akan menawarkan atau menjual produk yang berkualitas.

Saat ini, bisa dibilang mudah ketika mencari koper karena sudah ada banyak toko online yang dapat kamu kunjungi dengan mudah dan cepat untuk bisa menemukan koper yang diinginkan.

Agar lebih murah, sebaiknya jangan sia-siakan promo ataupun diskon terbaik yang ditawarkan oleh toko. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh koper dengan harga terbaik.


13 tampilan0 komentar

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 122
15 Juli - 25 Agustus 
2024

bottom of page