top of page

Tips Menata Balkon Rumah

Haloo Bu Ibuu..



Kalau rumah punya balkon pasti asik yaaa, buat tempat bersantai dan nikmatin udara segar di pagi hari sambil nikmati teh hangat pasti nikmat banget dehh... Selain itu balkon memiliki fungsi sebagai ruang outdoor private di perkotaan, buat ngilaingin penat selama seharian beraktivitas.


Namun untuk menikmati balkon harus memiliki dekorasi yang nyaman dan menarik juga ya, supaya betah duduk santai sambil nikmatin tehnya. Karena itu mari kita bahas cara mendekorasi dan menata balkon agar nyaman dan menarik.



1. Urban Gardening


Kamu yang menyukai bercocok tanam harus mencoba hal ini. Jika lahan kebun atau rooftop tidak ada maka untuk menaruh koleksi tanaman, kamu bisa melakukannya di area balkon.


Pot-pot bisa kamu simpan di area sisi pagar balkon, memakai bangku-bangku kayu kecil untuk menaruh tanaman, atau menggantung tanaman pada pagar di balkon.


Jika kamu juga memiliki hobi memasak, maka tanaman bumbu pun bisa kamu tempatkan di balkon, karena tanaman bumbu tidak memerlukan tempat yang besar, sehingga kamu bisa meletakkan pot-pot kecil dan menatanya seperti taman mini.



2. Menempatkan Perabotan Minimalis


Kamu yang ingin menikmati waktu santai di balkon tak perlu menuntut untuk memiliki balkon yang luas.


Kamu hanya tinggal menata perabotan yang ringkas dan tidak menghabiskan tempat. Seperti menaruh bangku atau meja lipat kecil yang bisa kamu taruh di balkon dan masukkan ke rumah dengan mudah.


Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan keset cantik di lantai balkon, dan menyampirkan selimut kecil agar tidak kedinginan saat duduk di balkon saat sore hari.



3. Membuat Dekorasi


Agar balkon nyaman untuk bersantai, maka kamu harus menempatkan sofa, bantal, karpet, dan selimut di balkon.


Memasang sofa kecil atau sofa yang terbuat dari rotan dan kayu karena bahannya yang tahan lebih lama di luar ruang. Kemudian menaruh beberapa bantal dengan sarung bertekstur dan bercorak.


Jangan lupa pula sampirkan beberapa selimut yang nyaman dan lembut untuk kamu gunakan sambil bersantai di sofa. Sebagai hiasan pasang juga karpet kecil atau beberapa keset bercorak yang kamu lapis-lapis.



4. Membangun Privasi

Jika balkon rumahmu berhadapan langsung dengan gedung atau balkon lain, maka tambahkan tanaman yang tinggi seperti bambu untuk membuat pembatas alami antara balkon milikmu dengan tetangga.


Selain itu, kamu juga bisa memasang pembatas panel yang terbuat dari bambu, penutup balkon, atau divider bambu yang bisa dinaikturunkan dengan mudah.



5. Memasang Pencahayaan


Untuk membuat suasana yang romantis dan tenang setelah matahari terbenam, kamu harus menambahkan pencahayaan yang menarik di balkon.


Kamu bisa menggunakan beragam lampu tali, lampion dan lampu tumblr untuk dililitkan pada pagar balkon.

16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 121
30 Mei sd 8 Juli 2024

bottom of page