top of page

Tips Menata Rumah Minimalis

Diperbarui: 23 Feb 2023

Mendiami rumah dengan ukuran kecil menjadi tantangan sendiri bagi kamu yang terbiasa dengan rumah yang cukup luas. Salah satu tantangan tersebut adalah membuat rumah agar selalu terlihat rapih dan nyaman.


Dengan rumah yang berukuran kecil kamu harus pintar-pintar menata isi ruangan dan juga sering membereskan ruangan. Karena dengan ada barang yang tidak sesuai pada tempatnya akan sangat terlihat mencolok di mata.


Untuk membuat rumah minimalis kamu tetap nyaman, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini yaa.



1. Memilih Perabotan secara Bijak


Jangan sampai salah memilih funitur. Memiliki banyak perabot pada rumah kecil berarti akan membuat banyak pekerjaan bagi kamu. Maka harus bijak memilih perabot apa saja yang benar-benar dibutuhkan agar menata rumah jadi lebih efektif.



Pilihlah perabot dan furnitur multifungsi meski berukuran besar, misalnya kasur lipat dan lemari. Pilihlah kasur dan dipan lipat sehingga bisa diturunkan saat ingin digunakan dan dinaikkan saat tidak dipakai. Gunakan lemari dengan banyak ruang sehingga semua barangmu bisa masuk dan tidak tercecer di luar lemari.


Hindari penggunaan ornamen tebal atau bulat, karena akan membuat perabot tampak berat. Selaraskan warna perabot dengan tembok ruangan. Terlalu banyak warna dalam satu ruangan akan membuat ruangan terlihat lebih sempit.



2. Menata Furnitur


Menata rumah berarti meletakkan perbatan dan furnitur pada posisi terbaik, agar ruangan tetap rapi sekaligus terasa lapang. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.



Pada ruang tamu, letakkan sofa minimalis merapat pada dinding agar tidak ada penghamburan ruang. Pilihlah meja ruang tamu dan meja tv memanjang di hadapan sofa supaya penggunaan ruang lebih efisien. Jangan tempatkan sofa atau kursi terlalu banyak atau terletak terpisah-pisah dalam ruangan. Letakkan berdempetan dan memanjang, bisa diduduki lebih banyak orang dan efisiensi ruang.



3. Memasang Wallpaper


Tidak bisa dipungkiri dinding adalah salah satu elemen penting dalam menata rumah. Warna dinding dapat memengaruhi konsep dan keindahan ruangan ketika menata rumah.



Dalam menata rumah kecil, pilihlah warna-warna netral atau terang seperti putih, biru, hijau, atau kuning agar ruangan tampak lebih luas. Sebaiknya sesuaikan warna cat dengan warna furnitur pada ruangan. Hal ini karena lebih mudah mencari warna cat dinding ketimbang warna furnitur.


Selain memilih warna cat dinding, kamu bisa menata rumah dengan menggunakan wallpaper dinding. Coraknya yang beraneka ragam akan membuat dinding rumah terlihat indah dan rapi.



4. Membuat Ruangan Multifungsi


Menata rumah kecil dengan sedikit ruang dapat diatasi dengan membuat sebuah ruangan yang memiliki beberapa fungsi. Dengan menata rumah seperti ini akan menghemat ruang dan membuat rumah terasa lebih luas.



Contohnya kamu bisa menggabungkan ruang makan dengan dapur dalam satu ruangan, atau menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga. Menata rumah seperti ini akan memudahkan kamu dalam membereskan perabotan. Manfaat lainnya dalam penyatuan ruang ini adalah kamu dapat menghindar dari terantuk furnitur.



5. Mengurangi Penggunaan Sekat


Membuat sekat ruangan dalam menata rumah mungkin akan membuat fugsi ruang jadi lebih jelas. Namun hal ini bisa membuat ruangan menjadi lebih sempit karena harus mengalokasikan ruang untuk pembatas.


Ketika menata rumah, biarkan saja ruangan-ruangan tampak mengalir sehingga pandangan jadi lebih lapang. Kamu dapat menghilangkan sekat ruang keluarga dengan ruang makan atau dapur dengan ruang makan.


Dalam menata rumah, untuk membedakan dua ruangan tanpa sekat kamu bisa menggunakan warna lantai atau karpet yang berbeda. Hal ini bisa disebut sebagai pembatas ruangan tanpa sekat. Kamu pun bisa dengan leluasa menata rumah dan memadupadankan konsep antar ruangan sehingga secara keseluruhan, rumahmu tampak memiliki konsep yang utuh dan jelas.



223 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentare


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 120
08 April sd 15 Mei 2024

bottom of page