• Lea Butik

Tips Menata Tanaman di Dalam Rumah

Tanaman di dalam rumah menjadi hal yang jarang kita perhatikan. Padahal dengan adanya tanaman di dalam rumah akan memberikan suasana sejuk dan menenangkan. Banyak persoalan yang dipikirkan dari tanaman di dalam rumah adalah cara menempatkannya. Apalagi jika ruangan yang kamu miliki sudah terisi penuh. Karena itu mari kita bahas cara menata tanaman di dalam rumah.

1. Sudut Terbuka untuk Tanaman Hijau


Tidak hanya tanaman hijau berukuran kecil saja yang dipilih sebagai dekorasi, tetapi sebuah pohon pun bisa kamu jadikan dekorasi di dalam rumah. Sudut ruang keluarga dibuat terbuka hingga ke bagian atap untuk ditanami pohon.


Pohon dibiarkan tumbuh menjulang menembus atap. Sedangkan, pada bagian bawah batang pohon, digantungkan beberapa tanaman hias. Sudut yang terbuka ini juga menjadi jalan masuk udara segar dan sinar matahari. Ini cara yang tepat untuk diterapkan di kawasan padat penduduk.



2. Tanaman Gantung di Atas Meja Makan


Penempatan tanaman kali ini terbilang unik. Jenis tanaman merambat sirih gading atau devil’s ivy digantung tepat di atas meja makan, sehingga membentuk semacam kanopi yang cantik. Daun-daun sirih gading yang menjuntai di atas meja makan akan memberikan keindahan dari ruang makan biasanya.



3. Tanaman Hijau sebagai Pembatas Mezanin


Demi keamanan orang di dalam rumah, bagian tepi mezanin biasanya diberi pembatas besi ataupun pembatas berupa kaca. Namun kamu bisa membuat pembatas mezanin dengan cara yang berbeda. Tanaman hijau dipilih sebagai pembatas mezanin. Jenis palem hias menjadi pilihan dan ditata berjajar rapat. Daun-daun palem hias tampak menarik dengan bentuk sirip memanjang dan melengkung. Jika dilihat dari bawah, jajaran palem hias ini terlihat sangat menyegarkan mata.



4. Dinding Tanaman Hijau di Kamar Mandi


Kamu yang betah berlama-lama di kamar mandi dan pasti menganggap kamar mandi menjadi tempat untuk relakasasi. Agar mendapat suasana lebih santai dan tenang kamu bisa menempatkan tanaman hijau di dinding kamar mandi.


Tidak hanya dengan penataan dan penempatannya yang unik, jenis tanaman hijau yang dipilih pun terbilang unik, yakni dari jenis lumut yang mudah hidup di mana saja. Aneka lumut hias seperti lumut hati, lumut tanduk, dan lumut daun menciptakan pemandangan dinding hijau yang cantik dan eksotis.



5. Tanaman Kaktus yang Artistik di Tengah Meja


Pot tanaman di dalam rumah tak mesti banyak untuk mempercantik ruangan. Satu atau dua pot sebenarnya sudah cukup untuk memberi sentuhan hijau yang stylish. Dengan satu tanaman kaktus berduri dengan bentuknya yang artistik cukup menjadi pusat perhatian di tengah ruangan. Tanaman kaktus ditanam dalam sebuah pot keramik sederhana dan diletakkan sebagai satu-satunya dekorasi di atas meja makan panjang. Area sekitar meja yang bersih membuat tanaman kaktus terlihat menonjol dan menjadi dekorasi yang mencuri perhatian.



6 tampilan0 komentar

Jl Margaasri No.37 Komplek Margaasri Ciwastra

Bandung, Jawa Barat 40287

Indonesia

whatsapp pink.png