Tips Mendekorasi Ruang Tamu Kecil

Ruang tamu menjadi ruang yang sangat penting di dalam rumah. Karena di ruang tamu tempat orang-orang melihat kondisi rumah yang mencerminkan diri kamu. Apalagi jika ruang tamu di rumahmu kecil dan membuat kurang nyaman, maka tamu-tamu pun ingin segera pulang dan memberikan kesan yang kurang baik.


Tapi jika ruang tamu kamu indah dan nyaman maka tanggapan orang-orang terhadap kamu pun pasti berkesan. Meskipun ruang tamu kecil namun dengan goresan dan penempatan yang tepat ruang tamumu akan menjadi hal yang sangat nyaman. Karena itu mari buat ruang tamu yang bisa mencerminkan dari pribadi kamu yang akan menular pada orang-orang yang berkunjung.


Berikut tips & trik untuk mendekorasi ruang tamu kecil




1. Menggunakan Warna Netral

Salah satu cara yang paling popular dalam mendesain ruang tamu kecil adalah dengan penggunaan palet warna yang kalem dan netral. Dengan pemilihan warna akan mempengaruhi besar suasana di ruang tamu.


Karena itu prioritaskan warna-warna cerah seperti putih, krem, atau abu muda untuk dinding, lantai dan perabot utama. Warna-warna tersebut bisa memantulkan cahaya. Selain memberi efek lebih lapang, pilihan warna-warna ini akan menghasilkan sebuah ruang tamu kecil yang terlihat elegan dan terasa nyaman.



2. Memasang Cermin


Hal yang bisa dilakukan untuk memberikan kesan luas pada sebuah ruangan adalah dengan memasukkan dekorasi cermin cantik di ruangan. Cermin punya efek memantulkan yang bisa membuat ruang tamu kecil terlihat lebih luas secara instant.


Tapi jangan sembarangan menggantung cermin di ruang tamu kecil milik, kamu harus tahu titik- titik strategis dan hal-hal umum seperti memilih satu cermin berukuran besar atau susun beberapa cermin berukuran kecil secara bersamaan.


Penempatan cermin juga penting, tempatkan cermin ruang tamu kecil berdekatan atau tepat dengan sumber cahaya, ruangan yang penuh dengan cahaya akan memberi kesan luas. Untuk ruang tamu kecil dengan jendela, tempatkan cermin berseberangan dengan jendela.



3. Pilih Perabot dengan Tampilan Effortless


Contoh mudah perabot yang punya kesan effortless adalah koleksi furnitur yang berbobot lebih ringan, baik dari sebi tampilan maupun bobot aslinya.

Bandingkan antara sofa tebal dengan kursi duduk empuk berkaki kayu atau besi tipis, pasti akan ada kesan kalau sofa tebal lebih berat dan memakan tempat. Sama halnya dengan meja, hindari meja dan kursi dengan kaki yang tebal dan terlalu petak di ruang tamu kecil. Sedangkan dari segi bahan, meja kaca juga akan lebih atraktif secara visual, kaca yang transparan juga membuat ruangan terlihat luas dibandingkan dengan meja kayu yang padat dan kaku.



4. Pemanfaatan Dinding


Dinding bisa jadi kanvas ideal untuk menampilkan dekorasi seperti bingkai, cermin dan hiasan lain di ruang tamu kecil. Tetapi kamu juga bisa menambahkan benda yang memang punya fungsi untuk ruang tamu kecil, seperti lampu gantung, meja belajar kecil, rak gantung, dan perabot juga furnitur fungsional lainnya sebagai storage tambahan pada ruang tamu.



5. Menonjolkan Sisi Atas Ruang Tamu Sebuah ruangan punya dimensi vertikal dan horizontal. Untuk ruang tamu kecil dengan langit- langit yang tinggi, manfaatkan ruang ekstra di bagian atas untuk menampilkan kesan yang lebih luas. Di langit-langit yang tinggi, bisa menghiasinya dengan lampu gantung atau memasang tirai panjang dari ujung langit-langit sampai ke lantai.

Isi juga ruang vertikal bagian atas dengan dekorasi atau hiasan lain. Misalnya, membuat rak buku yang dekat dengan langit-langit supaya pandangan mata lebih terfokus ke bagian atas ruangan.

20 tampilan0 komentar

Jl Margaasri No.37 Komplek Margaasri Ciwastra

Bandung, Jawa Barat 40287

Indonesia

whatsapp pink.png