Tips Menjaga Kebersihan Kamar Mandi
top of page

Tips Menjaga Kebersihan Kamar Mandi

Kamar mandi adalah tempat yang harus selalu bersih, karena di kamar mandi terdapat banyak kuman dan kotoran yang bersarang dan bisa menyebabkan penyakit.


Seindah apapun kamar mandi kamu, jika tidak bisa menjaga kebersihannya jadi hal yang sangat percuma. Karena kamar mandi bisa digunakan apabila dalam keadaan bersih. Karena itu mari simak beberapa tips untuk selalu menjaga kamar mandi kamu selalu bersih.



1. Rutin Membersihkan Toilet


Banyak orang yang menghindari untuk membersihkan toilet, padahal dengan membersihkan toilet secara rutin bisa menghindari kerak dan toilet terlalu kotor.


Kamu bisa membersihkan toilet setiap hari atau 2 hari sekali. Tidak perlu menyikatnya, cukup lap dengan kain scrub jika ada bagian kotor, atau siram dengan air jika ada sabun yang menempel.


Untuk bagian dalam toilet, cukup dengan siram cairan pembersih setidaknya seminggu sekali, bahkan kamu tak perlu menyikatnya toiletnya jika dirasa tidak ada kerak yang menempel.



2. Selalu Membersihkan Sisa Sabun


Jika kamu menggunakan sabun batang, maka hal yang biasanya terjadi adalah akan ada sisa sabun di tempatnya. Jika lama dibersihkan, maka bisa jadi kerak keras yang sulit dibersihkan.


Kamu bisa membersihkan sisa sabun secara rutin untuk menghindari sesi bersih-bersih yang melelahkan. Sedangkan untuk sabun cair, biasanya suka ada sisa yang meleleh di sekitar botolnya.


Segera bersihkan sisa-sisa sabun saat belum lama menetes agar semuanya lebih bersih dan tidak menjadi kerak.



3. Rutin Membersihkan Area Mandi


Saat kamu mandi akan ada air sabun yang terciprat ke dinding kamar mandi. Menyiramnya dengan air setelah mandi adalah cara termudah menghindari kerak di dinding.


Sedangkan untuk menjaga kebersihannya, kamu bisa menggunakan sabun pembersih. Ada sabun yang bisa menghilangkan noda ringan hanya dengan menyemprotnya dan mendiamkannya selama beberapa menit.


Kamu tidak perlu menyikatnya, karena noda ringan bisa hilang dengan sapuan air saja. Jika kamu melakukannya secara rutin, kamu tak perlu menyikat dinding dan tembok kamar mandi, cukup dengan menyiram air saja.



4. Rajin Mengambil Sisa Kotoran di Saluran Air


Rambut yang rontok selalu menjadi masalah umum bagi para wanita. Karena seringnya ini, saluran air jadi di kamar mandi menjadi tersumbat karena banyaknya rambut rontok yang jatuh.


Alangkah baiknya kamu untuk tidak malas mengambil sisa kotoran ataupun rambut rontok yang di saluran air. Jika tidak, maka air akan tersumbat dan mengambang di area mandi.


Saat mandi dan airnya mengambang, maka lantai lebih mudah kotor dan licin karena sisa sabun yang menempel. Karena itu, pastikan untuk selalu membersihkan kotoran yang menyumbat saluran air agar selalu lancar dan tak perlu sering membersihkan lantai kamar mandi.



5. Teratur Mengelap Dinding Kamar Mandi


Udara di kamar mandi yang lembab dan cipratan air saat berkegiatan di depan kaca akan membuat banyak bercak di permukaan kaca. Hal ini jarang kamu sadari, namun kaca kamar mandi yang kotor akan lebih mebutuhkan banyak waktu untuk membersihkannya.


Tidak cukup menggosoknya sekali, kamu harus dua kali atau lebih menggosoknya.


Oleh karena itu, pastikan untuk rutin mengelap kaca setidaknya seminggu sekali. Dengan begitu, sisa uap atau cipratan noda bisa lebih mudah hilang dan kamu tak perlu menghabiskan waktu lebih banyak untuk membersihkannya.



6. Menggunakan Filter Air, Jika Air Kamar Mandi Kamu Kuning


Jika rumah kamu memiliki kualitas air yang kurang baik dan berwarna kuning, maka resiko kamar mandi kamu lebih cepat kotor sangatlah tinggi.


Dengan penggunaan air yang kuning atau keruh akan membuat toilet lebih cepat berkerak dan terlihat kotor. Agar tidak sering membersihkan kamar mandi karena kondisi air yang keruh dan kuning, kamu bisa menggunakan filter air. Filter bisa digunakan di setiap keran.


Namun agar lebih hemat, kamu bisa memasang filter pada mesin air. Dengan begitu, air yang didistribusikan ke seluruh rumah sudah disaring dengan baik dan tidak akan membuat kamar mandi cepat kotor.

12 tampilan0 komentar
Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 122
15 Juli - 25 Agustus 
2024

whatsapp leatique.png
bottom of page