top of page

Tips Menjaga Rumah Tetap Aman di Musim Hujan

Haloo Bu Ibu...


Musim hujan sudah mulai datang, kamu harus mempersiapkan rumah agar tetap aman saat diterpa hujan, jangan sampai ada yang bocor yaa. Bukan hanya rumah yang bocor saja, tapi ada beberapa hal lain seperti genangan air yang ada di depan rumah pun harus kamu perhatikan.


Supaya rumah kamu bisa terhindar dari masalah-masalah saat hujan lebih baik perbaiki dari sekarang yaa, berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan agar menjaga rumah kamu tetap aman di waktu hujan.



1. Memeriksa Atap Rumah


Hal yang paling pertama adalah memeriksa atap rumah, karena atap rumah yang melindungi rumah kamu dari air hujan. Kamu bisa cek atap rumah kamu, apabila ada genteng yang longgar atau pecah harus segera kamu perbaiki atau menggantinya.


Pastikan juga antena TV atau parabola rumah kamu terpasang dengan benar. Kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan teropong untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh.


Jika orang rumah kamu tidak ada yang bisa naik ke atap, alangkah baiknya kamu memanggil jasa tukang yang berpengalaman. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak di inginkan. Jika kamu memaksakan diri untuk naik, hal yang paling buruk adalah kamu bisa terjatuh dan malah menambah kerusakan pada atap rumah.



2. Memperbaiki Dinding yang Retak


Jika di rumah kamu terdapat retakan pada dinding hal itu terjadi akibat perubahan cuaca. Jika kamu biarkan hal tersebut maka dapat merusak struktur dari rumah. Terutama saat musim hujan, air bisa merembes ke dalam rumah melalui celah retakan yang ada pada dinding.


Segeralah perbaiki dinding dengan menambalnya dengan wall filler atau campuran semen khusus untuk mengatasi retak. Kemudian, olesi dengan cat plamir untuk meratakan dinding dan mencegah keretakan. Lalu amplas dinding agar permukaannya lebih halus dan lapisi dengan cat.


Lebih baiknya proses ini dilakukan sebelum musim penghujan datang karena membutuhkan banyak waktu sampai dinding benar-benar kering dan strukturnya kembali kokoh.



3. Mencegah Jamur pada Dinding


Ketika musim hujan datang maka suhu di rumah akan menjadi lebih lembap. Apabila kelembapannya tersebut sudah memengaruhi ruangan, bagian dinding, plafon, bahkan furnitur bisa-bisa ditumbuhi jamur.


Untuk mencegah hal tersebut dengan memastikan sirkulasi udara bekerja dengan baik. Pastikan juga rumah memiliki ventilasi yang baik agar terjadi pertukaran udara segar yang masuk dan keluar. Ukuran normal untuk kelembapan udara, yakni 60 persen hingga 70 persen RH.


Kelembaban juga terjadi karena uap yang terperangkap di dalam rumah. Jadi, pasang kipas angin agar terjadi perputaran udara dari satu ruangan ke ruangan lainnya.


Hal lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membiarkan semua jendela terbuka pada siang hari.



4. Melindungi Pintu dan Jendela dari Keropos


Saat musim hujan tiba pintu dan jendela menjadi bagian yang paling terkena dampak besar. Terutama jika pintu dan jendela tersebut terbuat dari material kayu, strukturnya bisa menjadi keropos karena terkena percikan air hujan dalam waktu lama.


Kamu harus memastikan agar kusen pintu dan jendela telah dilapisi dengan cat khusus yang tahan air, agar tidak mudah merusak pintu dan jendela saat musim hujan tiba.



5. Membersihkan Saluiran Air


Kamu wajibt membersihkan pipa-pipa saluran pembuangan secara rutin. Selalu cek selokan di dekat rumah. Tumpukan sampah seperti dedaunan atau puing-puing bisa menghambat pembuangan air.


Untuk pencegahannya kamu bisa memasang jaring kawat, yang berfungsi menahan sampah agar tidak terbawa aliran air hujan dan menyebabkan banjir

10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 121
30 Mei sd 8 Juli 2024

bottom of page