top of page

Tips Pencahayaan di Toko

Toko kamu pasti ingin terlihat menarik dan banyak dikunjungi oleh orang-orang kan? banyak aspek penting yang mendukung agar tokomu menjadi perhatian banyak orang. Salah satunya adalah pencahayaan yang hadir di toko kamu.


Meski pencahayaan bukan menjadi point utama kamu dalam berjualan, tapi dengan pencahayaan yang benar maka tampilan toko dan produk yang mengisi tokomu menjadi lebih menari dan memikat orang-orang untuk membeli. Karena itu mari simak beberapa tips pencahayaan yang bisa kamu terapkan di toko kamu.



1. Menggunakan CRI Untuk Warna Produk


Ada banyak elemen yang perlu dipertimbangkan ketika kamu menata pencahayaan untuk toko kamu, tetapi hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah cahaya yang kamu gunakan dapat mengubah warna suatu produk di lingkungan toko. Warna lampu berhubungan dengan indeks CRI (Color Rendering Index).


Beberapa desainer menyatakan bahwa bola lampu CRI tinggi (CRI lebih tinggi dari 89) dapat menunjukkan produk di toko dengan warna yang sama seperti yang muncul di mata pelanggan. Namun, ada banyak perdebatan di industri lighting tentang kekurangan indeks CRI – tentang kemampuannya untuk mengukur kualitas warna.


Kesimpulan yang didapat adalah tergantung pada produk yang dijual toko kamu untuk menentukan CRI yang sesuai. Misalnya, jika toko kamu menjual pakaian atau tas, nada hangat (CRI lebih rendah dari 80) adalah pilihan terbaik, sedangkan jika toko menjual gadget berteknologi tinggi seperti smartphone, laptop, televisi atau speaker CRI yang lebih dari 90 akan lebih cocok.



2. Warna Cahaya yang Menentukan Hati Pelanggan


Correlated Color Temperature (CCT) adalah indikator penting untuk merancang pencahayaan untuk toko kamu. CCT ini diartikan oleh satuan suhu Kelvin dari 2700K (sedikit kuning) hingga 6500K (sedikit biru). Suasana ruang dengan kehangatan cahaya akan sangat memengaruhi suasana hati pengunjung toko kamu.


Memilih Temparatur Warna yang Tepat sesuai CCT Lampu LED

• Hangat (Kelvin Rendah) – mulai 2700K hingga 3000K – memberikan kesan nyaman dan menyenangkan. Karena itu, suhu warna ini digunakan untuk tempat-tempat yang digunakan oleh keluarga.


• Cool (Kevin Tinggi) – mulai 4000K hingga 6500K – memberikan kesan yang modern, sehingga cocok untuk generasi milenial.


Seperti di ruang pameran furniture, yang membutuhkan lampu LED dengan suhu warna sekitar 2700K karena akan memberikan perasaan hangat dan mewah. Sedangkan untuk toko-toko yang menjual peralatan elektronik di rak toko, suhu warna lebih dari 4000K adalah pilihan yang sangat tepat untuk menghadirkan ruang yang modern dan futuristik bagi pengunjung toko.


Suhu warna ini tergantung pada konsep apa yang ingin dibentuk oleh kamu sebagai pemilik toko.



3. Menerapkan Cahaya yang Sesuai


Untuk menerapkan pencahayaan di toko atau showroom kamu, ada kebutuhan untuk mempertimbangkan penggunaan cahaya di bawah fitur ruang, jadi tidak semua area membutuhkan cahaya yang sama. Seperti pada toko fashion, yang menggunakan pencahayaan di area rak berbeda dari pencahayaan di tapilan fasad toko.


Jika kamu menjual produk promo di area toko, maka akan membutuhkan lebih banyak cahaya daripada area lainnya. Sebaliknya, jika produk pakaian di rak toko sebagian besar berwarna gelap, kamu harus menyesuaikan area display agar lebih terang. Aksen cahaya ini adalah metode pencahayaan yang sempurna untuk menarik perhatian pengunjung.



4. Layering Light


Menambahkan lapisan cahaya ke area toko kamu adalah cara yang tepat untuk meningkatkan perhatian pelanggan kamu untuk masuk dan melihat-lihat produk yang kamu jual. Biasanya, area ini diterangi oleh lampu langit-langit, tetapi lampu langit-langit tidak cukup untuk toko dan ruang display. Kamu perlu membuat lebih dari satu lapisan cahaya dengan sorotan yang diperluas, salah satunya dengan menggunakan lampu sorot.


Layering dengan jenis cahaya berbeda sesuai dengan penchayaan disebuah rumah, yaitu membutuhkan pencahayaan aksen, pencahayaan khusus, dan pencahayaan umum.



5. Mengontrol Intensitas Cahaya Dibeberapa Area


Kini telah banyak lampu yang sudah bisa diatur tingkat kecerahan dan luminer dengan kendali jarak jauh. Dengan kemajuan teknologi, membuat lampu dengan daya tinggi bisa menggunakan remote yang untuk mengendalikan strategi pencahayaan dan membantu menghemat energi sambil menyesuaikan warna cahaya agar sesuai dengan perubahan produk tampilan. Lebih hebatnya lagi, remote control untuk setiap lampu dapat membantu pemilik toko memisahkan cahaya masing-masing area dengan sangat aman dan nyaman.


Di leatique kini memiliki banyak lampu yang sudah menggunakan remote untuk mengatur warna ataupun tingkat kecerahan lampu. Kamu bisa cek lampu-lampu tersebut di produk kita yaa.


135 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Podium Bulat

BOOKING PAYMENT

  50% ATAU DICICIL SD 5X 

Hitung Mundur Close PO Import Batch 122
15 Juli - 25 Agustus 
2024

bottom of page